Korupsi adl masalah sosial..


Seorg anak desa menjadi dosen di universitas ternama.. Ketika ia baru memperoleh gelar doktor, ia pulang ke kampung halamannya.. Tidak ada yg mempedulikan kehadirannya sekalipun ia telah lama tdk brtemu dgn teman d kampung.. Kenapa? Karena ia adl seorg dosen ‘jujur’ yg tidak punya apa2…
Cerita lain, seorg pejabat yg baru 2-3 th diangkat selalu disambut meriah ketika ia menghadiri acara apapun.. Org2 berebutan membukakan pintu mobilnya, mencium tangannya, dan mungkin kalo perlu membukakan kaus kakinya.. Ia dipandang telah sukses karena kaya-raya..

2 cerita yg kontras u menggambarkan bhw masyarakat qt -dan qt sendiri :-)- selama ini mengukur keberhasilan teman dan keluarga qt dr materi semata.. Qt lupa bhw segala sesuatu yg didapatkan sec. instant sangat mungkin dperoleh dgn cara ‘tidak benar’… Mungkin dari memotong hak orang, nyolong ato yg lg nge-trend sekarang.. Korupsi! :-)
Karena itulah, Prof. Hamka Naping mengatakan bhw ‘korupsi adl masalah sosial, bukan masalah individu!’.. Statement menarik karena ada analogi bhw jika ada satu org sehat hidup diantara 10 org gila, maka yang 1 itu yg dianggap gila..
Dalam gambaran lain, jika qt langsung memasukan seekor katak ke dalam air yg mendidih, dgn serta merta ia akan melompat keluar!.. Beda cerita jika qt rebus katak itu pelan2, menaikan suhu sedikit demi sedikit dari dingin sampe mendidih, si katak akan diam saja dan mati terebus didalamnya..!
Pabila qt hubungkan cerita katak dan org gila, maka org yg awalnya sehat pun tanpa sadar -by process- lambat laun akan menjadi gila.. Kegilaan itu kemudian diterima secara umum dan menjadi fenomena sosial.. Artinya statement Prof Hamka dapat dibenarkan.. Qt semua sudah menerima kondisi bhw pengumpulan kekayaan dgn cara instant adl dambaan qt semua…
Qt semua mungkin sudah jadi org2 yg tidak waras.. Beda qt dgn katak adl bila sang katak mati terebus, qt tdk mau menyadari bhw qt telah menjadi gila, qt hanya menunjuk kpd org lain yg qt kambinghitamkan.. Dan hebatnya sang kambing tidak pernah gila sekalipun ia sadar bhw ia sebentar lagi akan menjadi daging kurban!
Aiihhh.. Ngelantur dech kamu ! :-D:-DB-)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s