naskah akademik peraturan daerah ?


Menurut undang-undang Nomor 10 Tahun 2004 tentang Pembentukan Peraturan Perundangan:

“Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara mempersiapkan rancangan peraturan daerah yang berasal dari gubernur atau bupati/walikota diatur dengan Peraturan Presiden”

melihat essensi Undang-undang ini, maka penyusunan naskah akademik peraturan daerah seharusnya “dipandu” oleh peraturan presiden…

“naskah akademik” disebutkan dalam Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2005 tentang Tata Cara Mempersiapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang, Rancangan Peraturan Pemerintah dan Rancangan Peraturan Presiden.

dalam pasal 1 angka 7  disebutkan bahwa :

“naskah akademik adalah naskah yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah mengenai konsepsi yang berisi latar belakang, tujuan penyusunan,  sasaran yang ingin diwuudkan, jangkauan, objek, atau arah pengaturan Rancangan Undang-undang”

menurut Peraturan Presiden ini juga, naskah akademik adalah suatu hal yang “dapat”, bukan suatu kewajiban, lihat pasal 5 :

“pemrakarsa dalam menyusun rancangan undang-undang DAPAT TERLEBIH DAHULU menyusun naskah materi yang akan diatur dalam Rancangan Undang-undang”

nah.. melihat aturan main itu, peraturan daerah pun tidak wajib ada naskah akademiknya, lha wong rancangan undang-undang aja tidak harus ada naskah akademiknya koq ! heheh… tapi menurut pengalaman,  naskah akademik ini sering dipertanyakan juga keberadaannya dalam penyusunan perda… jadi qt buat aja dech.. sapa tau ada yang nanyain.. kalo gada yang nanyain ? yaa.. biarin aja.. life goes on kaleee.. hehehhe

daftar bacaan :

1. Komunitas perancang ;

2. Blog eko Rial Nugroho ;

3. contoh Naskah akademik Ranperda Pasar Lokal Kota Makasar ;

4. Prinsip2 Legal Drafting Naskah Akademik ;

5. depkumham.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s