Konsep Pedoman Teknis Penyusunan Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN)


Berdasarkan Konsep Pedoman Teknis Penyusunan Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat maksud dari Pelaksanaan Analisis dampak Lalu Lintas (ANDALALIN) adalah untuk dapat mengantisipasi dampak yang ditimbulkan  oleh suatu kawasan pengembangan terhadap lalu lintas di sekitarnya. Kewajiban melakukan studi ANDALALIN ini tergantung pada “bangkitan lalu lintas” yang ditimbulkan oleh pengembangan kawasan. Besarnya tingkat bangkitan lalu lintas tersebut ditentukan oleh jenis dan besaran peruntukan lahan. Ukuran minimal peruntukan lahan yang wajib melakukan studi ANDALALIN berdasarkan Konsep Pedoman Teknis ini adalah sebagai berikut :

Peruntukan Lahan Ukuran minimal Kawasan yang wajib Andalalin
Pemukiman 50 unit
Apartemen 50 unit
Perkantoran 1.000 m2 Luas Lantai Bangunan
Pusat Perbelanjaan 500 m2 Luas Lantai Bangunan
Hotel/Motel/Penginapan 50 kamar
Rumah Sakit 50 tempat tidur
Klinik bersama 10 ruang praktek dokter
Sekolah/universitas 500 siswa
Tempat Kursus Bangunan dengan kapasitas 50 siswa/ waktu
Industri/pergudangan 2.500 m2 Luas Lantai Bangunan
Restaurant 100 tempat duduk
Tempat pertemuan/ Tempat hiburan/ pusat olah raga Kapasitas 100 tamu/ 100 tempat duduk
Terminal/ pool kendaraan/ gedung parkir Wajib
Pelabuhan/ Bandara Wajib
SPBU 4 slang pompa
Bengkel kendaraan bermotor 2.000 m2 luas lantai bangunan
Drive-through bank/ restaurant/ pencucian mobil Wajib

Untuk menentukan kawasan kajian bagi studi ANDALALIN, harus mempertimbangkan karakteristik pengembangan dalam hubungannya dengan jumlah lalu lintas pada sistem jaringan jalan. Seberapa besar pengaruh pengembangan dimaksud terhadap wilayah sekitar ditentukan oleh faktor-faktor sebagai berikut :

 Peruntukan Lahan Faktor yang dipertimbangkan Data yang diperlukan
Pusat Perbelanjaan
  1. pengembangan daerah komersial sejenis yang saling bersaing;
  2. waktu perjalanan; umumnya maksimum 20 menit.
Distribusi penduduk
Perkantoran dan Industri Waktu perjalanan; umumnya diasumsikan waktu perjalanan maksimum 30 menit atau 15 – 20 km Distribusi penduduk
Pemukiman Waktu perjalanan; umumnya diasumsikan maksimum 30 menit atau berjarak 15 km. Distribusi penduduk
About these ads

One thought on “Konsep Pedoman Teknis Penyusunan Analisis Dampak Lalu Lintas (ANDALALIN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s