angkutan umum


Angkutan umum merupakan sarana angkutan untuk masyarakat kecil dan menengah supaya dapat melaksanakan kegiatannya sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam masyarakat. Pengguna angkutan umum ini bervariasi, mulai dari buruh, ibu rumah tangga, mahasiswa, pelajar, dan lain-lain.. Angkutan umum, khususnya angkutan orang yang diatur dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 68 Tahun 1993 yang telah diperbaharui menjadi Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 84 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang di Jalan Dengan Kendaraan Umum dan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 35 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang di Jalan, secara struktural dipisahkan dalam tiga kepentingan yaitu kepentingan pengguna jasa (masyarakat), penyedia jasa (operator angkutan) dan pemerintah (regulator). Namun definisi yang ditetapkan dalam ketentuan hukumnya memperlihatkan keberpihakan kepada operator dengan profit-oriented-nya yaitu : “angkutan yang dipergunakan oleh umum dengan dipungut bayaran”.
Kehadiran Organda sebagai wadah operator angkutan belum mampu menunjukan kinerja yang baik, bahkan cenderung bertindak sebagai regulator. Kedepan, Organda dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengelola perusahaan secara lebih efisien. Kreativitas dan inovasi tersebut dapat dimulai dengan lebih kritis terhadap setiap kebijakan pemerintah yang mengatur angkutan umum di jalan dan permintaan pasar.

Pengertian angkutan dalam Keputusan Menteri Perhubungan No. KM.35 tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang di Jalan dengan Kendaraan Umum adalah angkutan dari pemindahan orang dan/atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kendaraan.

Undang-Undang No. 14 tahun 1992 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pengertiannya adalah setiap kendaraan bermotor yang disediakan untuk digunakan oleh umum dengan dipungut bayaran.

Sedangkan didalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 41 tahun 1993 menyebutkan bahwa, definisi dari angkutan umum adalah pemindahan orang dan/atau barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kendaraan bermotor yang disediakan untuk dipergunakan untuk umum dengan dipungut bayaran.

Keputusan Menteri Perhubungan No. KM.35 tahun 2003 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang di Jalan dengan Kendaraan Umum  definisinya adalah setiap kendaraan bermotor yang disediakan untuk dipergunakan oleh umum dengan dipungut bayaran baik langsung maupun tidak langsung.

Warpani ( 1990), menyatakan bahwa angkutan umum penumpang adalah angkutan penumpang yang dilakukan dengan sistem sewa atau membayar. Juga dikatakan bahwa yang termasuk dalam pengertian angkutan umum penumpang adalah angkutan kota ( bus, minibus, dsb), kereta api, angkutan air, dan angkutan udara.

Keberadaan angkutan umum bertujuan untuk menyelenggarakan angkutan yang baik dan layak bagi masyarakat. Ukuran pelayanan yang baik adalah pelayanan yang aman, nyaman, cepat dan murah.( Warpani, 1990).

27 thoughts on “angkutan umum

    • paling gampang c di internet, silakan buka link2 saya deh.. kemudian bisa juga baca di perpustakaan misal perpus transport ITB, STTD, UI, STMT, UGM dll.. banyak banget kok.. asal rajin cari aja.. moga jawaban memuaskan :)

  1. Bro, kalo bisa ilmu phubungan masukin aja, biar kita bisa langsung input tanpa harus ke pptkan n univ yang keren gitu lho ….. kalo bisa kalau g yo wis g apa-apa. trims atas ilmunya

    • kata orang bijak “kalo mo puas kerjain sendiri”… karena qt ga tau apa yang Boss cari, jadi silakan search aja sesuka hati.. sekedar advice silakan buka aturan2 yang ada di dephub.web.id.. bisa di download u dipelajari.. masalahnya masuk ke link itu lambreeeeet banget ! :-)

  2. Boss kira-kira jenis dan pengawasan di angkutan umum itu apa aja? Dari kacamata teknis dan administrasai? please dong ah infonya. Thank

    • simplenya, pengawasan dan pengendalian angkutan umum bisa dilakukan dan dilihat dari 3 hal yaitu kualitas (misal standar pelayanan), kuantitas (misal jumlah dan frekwensi pelayanan) dan tarif.. gitu, big boss :)

  3. Kang, penyelenggaraan angkutan umum menurut UU 22 2009 melalui seleksi dan bukan perorangan (harusa berbadan hukum) kira -kira bagaimana ya penerapannya di daerah? trus perizinannya juga dengan bentuk kontrak gimana gambarannya kang? trims

  4. met pagi kang, akhir-akhir ini banyak spm roda 3 untuk angkutan barang dan orang bahkan ada yang untuk ojek. ada juga becak dimodifikasi dg ditambah mesin tepung atau yang lain dan jadi lah bentor becak dg motor, yang sy gak tahu adakah aturan untuk kend. tsb sbg angkutan umum? ada kab/kota yg melegalkan becak motor sbsg angkutan umum? trims infonya

    • pertanyaan Anda hampir sama dengan pertanyaan Walikota Sukabumi yang ditujukan kepada Direktur BSTP Kementerian Perhubungan, waktu itu Ibu Direktur menjawab kurang lebih perlu dilakukan kajian terlebih dahulu sebelum mengambil kebijakannya.
      merujuk pada UU No 22 tahun 2009 tentang LLAJ, jelas bahwa itu tidak termasuk kategori yang diperbolehkan untuk digunakan sebagai angkutan barang…
      menurut saya sendiri, tujuan utama penyelenggaraan transportasi adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan “pembangunan”, jadi bisa saja tergantung situasi dan kondisi..
      moga bisa diterima.. :)

  5. makacih infonya, jadi prinsipnya blm diatur gitu ya? lha misal kalau becak motor atau spm roda 3 mo dijadikan angk umum apa hal utama yg mesti dicukupi spy ada dasar kuatnya? trims

    • kayaknya sich.. syarat utama angkutan umum adalah ia harus memenuhi standar keselamatan dan “manusiawi”… dan sepeda motor atau roda tiga rasanya belum dapat memenuhi standar itu.. tapi saya tidak mau mendahului kebijakan yang berkepentingan.. silakan Anda langsung tanyakan ke Kementerian Perhubungan atau instansi lain yang .. begicu rojeerr.. :)

  6. kang saya mo tanya ….. kalau mo ke politeknik telkom yang diterusan buah batu …. klo dari daerah melong cibeureum naik angkot nya jurusan apa ya

  7. saya mau tanya untuk angkutan barang alias logistik, apakah masih boleh melintas di jalan-jalan raya selama bulan puasa?, apabila tidak boleh, apakah ada batas waktunya, terima kasih

  8. saya mw tanya. saya punya bberapa mobil box. Saya bisa tahu ukuran maksmal untuk sebuah mobil box itu brapa? saya bisa mendapetin ukuran ato rumus perhitungannya dmana? ato ada undang-undangnya?

    trima kasih untuk jawabannya.

  9. met siang kang, …mengenai spm roda 3 lagi niich, sekarang ini box/bak uatannya melebihi panjang setang kemudi (yg sy liat di jalanan selama ini lho) padahal menurut km 69 1993 barang muatannya tidak boleh melebihi setang kemudi bagaimana ini? apakah petugas dinas perhubungan mempunyai kewenangan penindakannya? mohon infonya trims.

  10. maaf pak mau nanya neh.. untuk kendaraan angkutan barang plat kuning, adakah regulasi yang mengatur pemberian izin (rekomendasi) yang dikeluarkan oleh dinas perhubungan untuk penerbitan stnk bagi angkutan barang yang akan diplat kluningkan? kalo ada tolong infokan ke kami,

    • Ada pak, maksudnya u menyeleksi angkutan barang чğ memang (disewakan) u umum ato чğ pribadi (angkt barang milik perusahaan чğ digunakan sendiri/tdk disewakan u umum), чğ boleh memakai plat kuning dan mendapat hak pemotongan pajak adl angkt barang u umum.
      Mengenai aturannya bisa menghubungi samsat/kepolisian/dinas setempat, sy ga punya..
      Makasih dah mampir & mg puas.. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s