Tanya-jawab


Halaman ini disediakan untuk Anda yg ingin bertanya, brdiskusi dan memberikan sumbangan pemikiran mengenai kebijakan transportasi jawa barat dan permasalahan serta pembahasan teori2 transportasi secara umum beserta aplikasinya..
Silakan diisi, jangan sungkan2, anggap aja ‘rumah’ sendiri.. Hehehe

367 thoughts on “Tanya-jawab

    • headway biasanya qt bagi 2 yaitu berdasarkan jarak (distance headway) dan berdasarkan waktu (time headway). untuk ngitung headway bus emang lebih umum kalo qt pake time headway. ngitungnya pun gampang, misal untuk rute (trayek) dengan waktu perjalanan 1 jam, dioperasikan 10 bus maka time headwaynya adalah 60 menit / 10 = 6 menit. bisa juga diitung manual yaitu qt duduk aja di pinggir jalan di satu ruas yang qt teliti, terus qt catet deh waktu tiap kali ada bus lewat. Nah, waktu antara kedatangan bus satu dan lainnya kemudian dirata2kan… dapet deh time headwaynya…. gampang khan, brader ?
      semoga puas… :)

  1. Sy kurang faham, kayaknya c itu disepakati (ditentukan) dari titik tertentu (biasanya pusat kota /CBD).. Kalo di Bdg khan titik 0 nya di Kantor Bina Marga Provinsi.. Coba nti qt cari informasi ttg itu.. Oya, sukabumi.com sy link disini yach? Bagus bgt isinya! makasih :-)

  2. kelas jalan ditentukan sesuai kewenangannya, misal oleh Bupati/walikota untuk jalan kabupaten/kota, gubernur untuk jalan provinsi dan kementrian yang bertanggung jawab di bidang jalan (menteri PU) untuk jalan nasional, dasarnya Undang2 tentang 38 Jalan dan Peraturan Pemerintah No 38 Tahun 2007.. mohon maaf untuk sementara cari di http://www.depkumham.go.id (bisa download aturannya disana).. saya belom s4 upload, maklum pake komputer kantor.. lambret banget…

  3. Numpang tanya kepada ahlinya nih :
    sebenarnya apa sih yg di sebut dengan Transportasi fundamental? trus apa saja yang tidak seharusnya dilakukan dalam Transport Fundamental.
    demikian trimakasih pak.

  4. Maaf telat bales, net qt lg error mulu.. Kalo ga salah, Fundamental = dasar, basic. Mungkin yg Anda maksud dgn ‘transport fundamental’ adalah prinsip2 dasar (teori) transportasi. Kalo di buku2 spt ‘fundamental of traffic system’, biasanya dibahas pemodelan (matematis sederhana) ttg ‘aliran’ lalu lintas seperti hubungan antara kecepatan, kepadatan dan volume lalu lintas. Jika Anda tanya ‘apa yg ga boleh dilakukan dlm transport fundamental’, kayaknya jawaban sy tadi kurang mengena krn kemungkinan Anda mempunyai perspektif lain. Kalo sy boleh nebak2 jawaban, mungkin yg ga boleh dilakukan adl rekayasa ‘tunggal’ dalam system transport misalnya membangun prasarana tanpa sarana, memprioritaskan angkutan umum tanpa pembatasan kend pribadi, import kendaraan tanpa penambahan (manajemen) infrastruktur.. Sejenis itu lah.. Kira2 begitu jwbn saya, mudah2an ga jauh ngelanturnya.. Hehehe

  5. maaf niich kang, nanya aja (hihi ngepotin) untuk ukuran buku uji dan spesifikasinya diatur di mana yaa? makacih kaang infonya

  6. Dulu Retribusi Izin Masuk Kota untuk kendaraan angkutan barang di berbagai daerah ramai2 dihapus… Tapi kalo mengacu pada UU LLAJ No. 22 Tahun 2009 (pasalnya saya lupa), sepertinya ada celah buat pemda untuk memungut retribusi sejenis, khususnya untuk dispensasi jalan. Pertanyaannya : boleh gak sih, pungutan seperti itu diberlakukan lagi?

  7. Maaf bos, punya referensi/panduan untuk olah data Survey Angkutan umum/angkot baik yang statis or dinamis (on bus), kalo punya saya bisa ngopy ya?

  8. mau tanya dong bapak / ibu di dishub…
    jalur / trayek angkutan umum dai ke:
    1. terminal leuwipanjang – Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kec. Rongga, Kab. Bandung Barat ( curug malela )
    2. apakah ada yang langsung dari jakarta menuju kampung manglid – desa cicadas..
    3. angkotan terakhirnya jam berapa..

    terimakasih

    salam

  9. kang mo tanya nih… apa angkutan tidak bermotor dalam pengelolaannya perlu diatur oleh dinas perhubungan atau gmn menurut akang…? thanks

  10. mo nanya nih… sejauh mana sih… dinas perhubungan propinsi dapat memfasilitasi kepentingan yang berhubungan dengan pengadaan fasilitas sarana prasarana yang dilakukan oleh dinas perhubungan kota/kab.? Makasih

  11. saya mau menjawab :).. mohon maaf, brader… kalo urusan kebakaran ada yang lebih kompeten untuk menjawabnya.. nanti ngawur kalo saya sok tau.. hehe

  12. kang karda yth, tolong donk kalau suatu daerah mo beli alat uji keliling disamaping duaitnya harus ada, ada syarat atawa aturan khusus lainnya gak ya? trus spesifikasi minimal kaya apa ‘n kira2 butuh anggaran sampai berapa, dokumennya gimana ? trims

  13. Untuk rambu lalin warna merah aturannya untuk belok kiri, apakah jalan terus atau berhenti sesuai arti dari warna merah menurut UU No.22 UULAJ, karena saya melihat dikota Cirebon diberlakukan “Belok kiri jalan terus” sedangkan didaerah lain tidak berlaku. aturan yg bagaimana yg sebenarnya menurut UU LLAJ.

  14. Saya mau bertanya sama ahlinya,,,,,
    1. Yang harus masuk ke jembatan timbang itu yang bermuatan berapa ton Pak.kok mobil Service saya yang cuma mobil kecil harus masuk timbanagan juga, Mobilnya (ESPAS BOX).
    1. Apakah saya harus punya IBMB juga.

    • Menurut Pasal 14 Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 5 Tahun 1995 tentang Penyelenggaraan Penimbangan Kendaraan Bermotor di Jalan :
      “Mobil barang yang tidak bermuatan, mobil barang pengangkut peti kemas, alat berat, bahan berbahaya, dan mobil barang yang mengangkut barang dengan menggunakan tangki tidak diwajibkan untuk dilakukan penimbangan”….
      yang wajib masuk jembatan timbang adalah kendaraan barang kecuali disebutkan diatas.. moga puas… :)

      • kang karda bisa ngga saya di kirimi surat uu jembatan timbang , untuk pasal 14 Keputusan Menteri perhubungan Nomor KM 5 Tahun 1995 Tentang penyelenggaraan Penimbangan Kendaraan bermotor di Jalan. Supaya saya tidak lagi di persulit di jembatan timbang tempat saya ( makassar). karena saya sering muat peti kemas dan sering di persulit di jembatan timbang.

        Terima kasih atas bantuannya.
        salam

  15. salam sejahtera,
    Kang Karda Yth. di daerah kami ada sedikit permasalahan berkaitan dengan plat kuning, yang jadi pertanyaan adalah :
    1. Bagaimana proses untuk mendapatkan TNKB plat kuning baik angkutan barang maupun angkutan orang? Apakah ada persyaratan khusus apabila kendaraan baru akan dijadikan plat kuning harus ada rekomendasi dari Dinas Perhubungan atau Dinas terkait lainnya?
    2. Untuk melakukan uji pertama kendaraan umum (TNKB Kuning) apa saja persyaratannya?
    Untuk keduanya , ada aturannya apa tidak, kalau ada dimana sy bisa baca?
    3. Sy dah coba cari, tapi blum bisa ketemukan aturannya,
    Trims atas infonya

    • salam juga.. saya jawab sepengetahua saya aja ya :
      1. prinsipnya plat kuning adalah untuk angkutan umum, jadi baik kendaraan baru ataupun lama yang akan di plat kuningkan memang harus jelas penggunaannya untuk angkutan umum. dan sebagai “seleksi” atas kendaraan umum dan tidak umum, disepakati bahwa Dinas Perhubungan (Provinsi) yang membuat rekomendasi untuk proses selanjutnya (ke Kepolisian, SAMSAT, Dispenda, dll). rekomendasi ini untuk kemudahan proses saja, untuk Prov Jabar ini adalah kesepakatan antara Kepolisian, Dispenda, Organda, dan Dinas Perhubungan serta tidak dikenakan biaya…
      2. untuk pengujian syaratnya sama, biasanya STNK/BPKB, registrasi uji tipe, rekomendasi kendaraan umum. aturan sesuai Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 71 Tahun 1993 tentang
      Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor (bisa dilihat di hubdat.web.id) dan Peraturan Daerah;

      demikian yang saya ketahui, moga berkenan….

  16. kepada bpk karda Yth.

    nama saya anwar ,saya mahasiswa dari jakarta dari jurusan ilmu komunikasi hubungan masyarakat tertarik untuk melakukan penelitian skripsi khususnya pada objek jembatan timbang.
    sampai saat ini saya belum dapat menemukan judul yang tepat.
    bolehkah saya bertanya mengenai:

    1.apakah pelanggaran yang terjadi di jembatan timbang di jawa barat khususnya dalam kelebihan muatan bisa dijadikan salah satu permasalahan dari dinas perhubungan provinsi jawa barat? karena walaupun telah dibuat peraturan tentang batas beban maksimal dari jembatan timbang menurut informasi yang saya tahu dinas perhubungan provinsi jawa barat tidak memiliki gudang untuk menyimpan barang tersebut, lalu jika pun barang tersebut diturunkan siapa yang akan menurunkan, lalu siapa yang akan bertanggung jawab untuk menjaganya
    2. meskipun sudah dibuat peraturan, tetap saja masih banyak truk yang lewat karena merasa dendanya terlalu ringan,atau mungkin berarti peraturan tersebut tidak efektif sehingga masih banyak pengemudi truk yang melanggar, bukankah nanti dapat menimbulkan opini publik yang kurang baik

    mohon bantuannya

    • 1. kayaknya begitu adanya.. dan rasanya bukan hanya JT Jawa Barat yang ga dilengkapi pergudangan, JT di provinsi lain juga sama..
      2. pelanggaran angkutan barang khan dilakukan oleh oknum pengusaha angkutann yang menginginkan keuntungan maksimal tanpa memperhatikan kerusakan lingkungan.. sama aja dengan oknum2 pelanggaran lalulintas lain seperti pelanggaran lampu merah, rambu, naik turun penumpang bukan pada tempatnya dll.. udah ada aturannya tapi tetep pada seneng melanggar.. ga tau apa masalahnya.. :)
      Bagus sekali kalo Anda berniat mo menjadikannya bahan penelitian.. tinggal buat surat ijin penelitian ke Dishub Prov Jabar…
      begicuu.. moga puasss.. :)

  17. kang karda Yth. trims atas infonya, tentang TNKB kuning, namun sya blum pas untuk persyaratan ujinya kalau plat kuning, ada aturan yang harus mensyaratkan rekomendasi tsb. yang berlakunya secara nasional. KM 71 teknisnya, tetapi rekomnya gak ada. Karena sekarang bnyak kend angk barang dg tnkb kuning, juga untuk bus atau MPU TNKB kuning (kira2 pda punya ijin ?…) Satu lagi (kapan2 nambah ..) Izin Insidentil menurut UU 22 /2009 masih bisa dilaksakanan gak ? dengan pasal yg mana. Trims atas infonya.

    • saya juga berfikiran begitu, pasti Anda belom puas… yang perlu kita sepakati adalah adanya persyaratan itu untuk kebaikan kita semua, bukan dalam rangka mempersulit masyarakat khan ?
      mengenai ijin insidentil, kita masih mengacu ke KM 35 Tahun 2003..
      menurut pendapat saya pribadi ciy (untuk kondisi sekarang) ga perlu ada ijin insidentil, lha wong hampir semua jenis angkutan dah diakomodir dari angkutan pariwisata, antar jemput, angkutan sewa dll.. tapi sepanjang KM 35 belom diperbaharui kayaknya secara hukum ijin insidentil itu syah2 saja ya?..
      (pendapat pribadi saya belom tentu kebenarannya looh. hehe) ….

  18. SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR BATIN WALAU GAK PERNAH TATAP MUKA.
    SY PERNAH MBACA TEMPAT DILARANG TUK BERHENTI, KIRA2 ATURANNYA DI MANA YAA? SESUAI DG UU LLAJ YG BARU, TRIMS

    • sama2, mohon maaf lahir bathin… maksudnya spesifikasi rambu lalulintas ? itu diatur di keputusan/peraturan menteri perhubungan .. buka aja hubdat.web.id, bisa download kok… makaciihhh… :)

  19. bukan spes rambu tempat dilarang berhenti seperti di persimpangan, di atas jembatan, di belokan gitu kang sy pernah membaca namun sampai hari gini belum ingat kembali mungkin akang bisa bantu? di aturan yg mana bgtu kang trims bantuannya

  20. Maaf Bapak-Bapak petinggi yang ada di DISHUB terutama DISHUB DEPOK.Saya mau tanya sedikit aja,saya mohon pertanyaan saya bisa membuat lega hati saya dan rekan-rekan saya.Saya punya teman yang menjadi anggota parkir di salah satu intansi pemerintah kota depok (RSUD KOTA DEPOK) yang beralamat di sawangan jl.Muhtar sawangan.Apa benar di RSUD tersebut sekarang ini memakai sistim GAJI bulanan dari DISHUB KOTA DEPOK.yang di berlakukan dari tanggal 1 september 2010.Tapi yang teman-teman saya terima gaji bulanan itu tidak sama dengan UMR KOTA DEPOK yang seharusnya di atas satu juta rupiah,yang teman-teman saya terima adalah lima ratus ribu rupiah kotor.Dan yang saya tahu di parkiran RSUD KOTA DEPOK itu ada tiga adiknya KORDINATOR yang menjadi DANRU yang ketiga DANRU itu mempunyai RAPOT yang tidak baik terhadap anggotanya.Dan apa benar setiap ada yang ingin menjadi anggota parkir di RSUD KOTA DEPOK itu DISHUB selalu meminta uang sebagai pelicin (sogokan).Satu lagi dan setiap ada kebijakan atau aturan dari DISHUB itu selalu uang dan uang seperti membuat surat perintah (SP) setiap anggota di kenakan dana lima puluh ribu rupiah pertiga bulan.Dengan kerendahan hati saya mohon jawabannya dari pihak DISHUB KOTA DEPOK.Terima kasih

    • mungkin pertanyaannya lebih tepat jika ditanyakan langsung kepada yang berkepentingan karena saya bekerja di Dishub Provinsi Jawa Barat, dan kebetulan saya tidak tinggi apalagi pejabat tinggi, kebetulan sampe saat ini gada yang percaya ama saya. mengenai pelicin, menurut pendapat saya sich wajar aja kalo orang Dishub pake pelicin sejenis oli dan gemuk supaya ga macet gitu mesinnya.. heheh… makasih pertanyaannya yang bagus dan brilliant.. kalo ada sumur di ladang marilah kita menumpang mandi… heheheh

  21. SALAM SEJAHTERA,
    KAMI MEMBUTUHKAN PETUNJUK PERMOHONAN ANGKUTAN PARIWISATA, DARI PROSES PERMOHONAN UNTUK MEMPEROLEH IZIN, LAMANYA PROSES DAN PERSYARATANNYA..
    APAKAH UNTUK MEMPEROLEH SPIT HARUS SUDH ADA KENDARAANNYA YANG SUDAH DI UJI?
    MOHON PERIZINAN ANGK PARIWISATA TIDAK TERLALU MUDAH PENGAJUANNYA, SEBAB PD KENYATAANNYA BANYAK YG DIGUNAKAN UNTK NTRAYEK, TERUTAMA KE JAKARTA. HAL INI AKAN MENIMBULKAN KECEMBURUAN ANGK REGULER YG SUDAH ADA DAN MENYULITKAN TEMAN2 DLM HAL PENGAWASAN PERUNTUKANNYA. SPT WAKTU MASA ANGK LEB KEMARIN, BANYAK BUS ANGK PAR MASUK KE DAERAH TAPI MENGANGKUT PNP UMUM.
    MOHON ADA TANGGAPAN DALAM WAKTU YANG TIDAK TERLALU LAMA SEBAGAI PEDOMAN PRENJELASAN KPD MASYARAKAT.
    TRIMA KASIH.

    • ijin pariwisata diterbitkan oleh Departemen Perhubungan cq Ditjendat.. Provinsi hanya memberikan rekomendasi saja. adapun mengenai wilayah operasi angkutan ini bebas kemana aja, “masa sich orang mo wisata dibatasi ?” gitu pilosopisnya… mengenai penyimpangan seperti yang Anda sampaikan Insya Allah akan kami teruskan untuk diketahui yang berwenang. Anda-pun (users) berhak untuk mengadukan hal ini kepada Ditjendat disertai data diri lengkap dan bukti otentik.. demikian dan terima kasih banyak atas masukannya…. GBU :)

  22. Kang Karda Yth. masih soal angk. Pariwisata, selain yang ada di KM 35/2003 ketentuan lain sec teknis ttg persyaratan ada lagi gak yaa? Urutan pengajuannya bgmana? mungkin di Jabar dan daerah lainnya sama yaa? bagi-bagi donk biar masy pd tahu. Melalui tahap persetujjuan (Surat Persetujuan Ijin Trayek) dulu apa langsung jadi ijinnya?
    Terima kasih.

  23. Nanya boz,,,
    SK Dirjen tentang penetapan Type Terminal Angkutan Penumpang Umum (baru or lama), ada gak? Kalo ada minta link downloadnya ya…
    Thanx..

  24. Mau tanya dan minta rekomendasinya

    Kakak saya punya usaha tambang pasir, dan saya ingin membeli truk untuk pengangkutan pasir itu dan berkeinginan bahwa truk itu juga nantinya bisa saya sewakan kepada pihak lain,
    pertanyaanny.
    1. Warna plat apa yang sesuai dengan truk itu nanti
    2. Perijinan apa saja yang harus saya ikuti
    3. mana yang lebih menguntungkan antara plat kuning atau plat hitam?
    thanx. saya tunggu responnya secepatnya.

    Guntur arief budiyanto

  25. Kepada YTH : saya robin (pemilik mobil) yang dikendarain oleh anak kepala dinas perhubungan kabupaten bekasi (bpk. iwan septadi) mengalami kecelakaan parah. sudah 2 bulan belum ada status dan sampai saat ini pak iwan sangat tidak respect dan kurang bertanggung jawab. berkali-kali saya sms dan telepon tapi tidak dibalas/angkat. Tolong diperhatikan untuk seorang kepala dinas tidak cepat untuk mengatasi hal begini. Bagaimana mau melayani masyarakat se kabupaten. Tolong Ditinjau kembali untuk JABATAN KEPALA DINAS KABUPATEN BEKASI. terima kasih.

  26. Pak, kalo mau analisis dampak transportasi dr adanya sebuah bangunan baru, kira2 analisisnya apa saja ya? Selain mengetahui derajat kejenuhan dan analisis parkir. Kalo mengetahui bangkitan dan tarikan itu gmn ya?
    Makasih pak sblmnya…

    • yang sekurang2nya harus ada :
      analisis kondisi (lalulintas) eksisting
      prediksi kondisi rencana
      mitigasi (upaya yang harus dilakukan)
      simulasi lalulintas
      penanggung jawab kegiatan

      silakan search tentang analisis dampak lalulintas.. banyak kok :)

  27. kang saya mau tanya, pungutan retribusi di jalan yang dipungut oleh dishub dan FSPTI itu apakah bagi setiap kendaraan umum dan barang tanpa kecuali dan pengaturannya bagaimana, sebab di tempat saya dalam satu wilayah dengan radius tidak lebih dari 5 km saja lebih dari 4 pos pungutan terutama FSPTI. kalau dihitung pungutan ini akan lebih besar dibanding pajak+kir+bm mbl itu sendiri.

    • mohon maaf, jujur aja saya kurang setuju dengan jenis pungutan apapun yang dilakukan di jalan… jika ada aparat dishub yang memungut biasanya sich dasarnya perda.. kami di dishub provinsi ga ada aturan yang membolehkan pungutan di jalan. sedangkan yang dilakukan oleh FSPTI, jujur aja kami gerah ngeliatnya karena seragamnya biru2 (nyama2in seragam kami), padahal kami tidak punya kaitan apapun dengan mereka.. mengenai dasarnya silakan tanyakan sendiri ke FSPTI karena itu diluar kewenangan kami.. begitu rojer.. :)

  28. betul kang, saya sangat setuju selain pungutan ini menjadi hambatan untuk lajunya kendaraan, juga tidak sedikit terjadi keributan antara sopir dan pemungut, perlu diketahui juga para sopir angkutan umun dan barang hampir rata2 berpendidikan rendah hingga mereka tidak mengerti pungutan ini untuk apa, yg saya rasakan bagi pengemudi angkutan barang di jalan berada pada posisi yg sangat lemah. Di jalan bagi sopir yang lemah dan kurang mengerti hanya jadi sapi perah bagi para oknum baik aparat maupun preman, dan pungutan ini seolah-olah pemerintah melegitimasi premanisme, apa pernah ada survey berapa sebenarnya yg didapat pemungut dengan yg disetor ke dishub atau organisasi pemungut. Punten kang jadi kebanyakan kata.

  29. mo tanya nich gan,sy punya rencana ble mbl minibus rencananya buat ankutan barang,biar aman alias ga di tilang sy mau di bikinin kir + izin bongkar muat gmana kira2 msh kena tilang ga yach…? terima kasih bozz

  30. kang karda,
    mau tanya nih.

    mengenai plat kuning. sebenernya pengaturan dasarnya ada di mana sih? apakah bebas boleh semua pihak dapat mengajukan kendaraan dengan plat kuning (khususnya untuk angkutan barang)?

    atau apakah praktek dengan peraturannya berbeda?

    terima kasih atas jawabannya.

    ivan

  31. Salamat tahun baru 1432 H smoga tetep sehat n sehat slalu, shg bisa ngobrol tasani (tanya sana – tanya ini) bertambah baik dalam ibadah. kang yang namanya traffic board itu kaya apa siih? apa yang diomongin n sapa aja yang terlibat, apa semua kab/kota ada )? Trims

    • ucapan yang sama.. met taun baru juga… yaaa kayak working group gitcu kale.. yang diomongin ya masalah traffic.. traffic light, traffic congestion, trafficking juga boleh asal ada manfaatnya buat kemajuan transportasi gitu.. anggotanya bisa siapa aja, dinas perhubungan, bina marga, pulisi, pengusaha angkutan, masyarakat pengguna.. siapa aja boleh, tetangga juga kalo bening boleh kita ajak.. makasih dah mampir heheh

  32. Kang Karda Yth. Saya mau tanya nih soal Rambu Pendahulu Penunjuk Jurusan. Belakangan ini, di Kota Bandung, makin banyak RPPJ yang “disusupi” oleh tempat-tempat komersil. Jadinya, RPPJ itu kayak tempat beriklan baru. Sebenarnya, ini melanggar atau tidak sih? Ada enggak peraturan yang secara detail mengatur soal proses pengadaan/ketentuan pembuatan RPPJ? Hatur nuhun

  33. . . assalamualaikum…

    mau tanya… kalau mau jadi pegawai dinas perhubungn itu harus dari sarjana lulusan program apa? saya rasa jurusan hub international bkn jalurnya wat dishub .. makasi

  34. Met siang kang, nyambung ppertanyaan mas ivan jh ttg angkutan barang plat kuning, petunjuk pelaksanaannya bisa diinfokan ? soalnya di daerah makin banyak yg mengajukan angk brang umum (plat kuning) apa dibatasi tahun keluarannyanya? trus proses pengajuan plat kuning gimana? trims kang

    • perubahan pelat hitam ke pelat kuning dapat diberikan untuk angkutan barang yang digunakan untuk umum (bukan pribadi), banyaknya keinginan perubahan ini karena ada potongan pajak kendaraan bermotor umum berdasar : Permendagri Nomor 40 Tahun 2005 tentang Perubahan atas Permendagri Nomor 16 Tahun 2005 tentang Perhitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2005, Surat Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KU.301/2/8/DRJD/2005 tanggal 9 Desember 2005 tentang Pengurangan Pajak Kendaraan Bermotor untuk Kendaraan Umum dan (untuk Jawa Barat) Surat Sekretaris Daerah Jawa Barat Nomor 551.23/487/Sarek tanggal 20 Januari 2006 tentang Perubahan Angkutan Barang Tidak Umum menjadi Kendaraan Umum..
      mengenai dasar penyelenggaraan angkutan barang, sebagai wawasan silakan dibaca (ada di hubdat.web id) :
      Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 69 Tahun 1993 tentang Penyelenggaraan Angkutan Barang di Jalan ;
      Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor 727/AJ.307/DRJD/2004 tentang Pengangkutan Barang Umum di Jalan…

      demikian moga bermanfaat.. :)

  35. saya mau bertanya mengenai demand atau tingkat kebutuhan, sebenenarnya apa definisi sebenenarnya? apakah hanya penumpang yg naik turun kendaraan umum atau ada yg lain?? parameter apa yang bisa dipakai untuk menentukan demand
    terima kasih

    • menghitung demand dari penumpang yang naik-turun biasanya untuk evaluasi kondisi eksisting, sedangkan untuk perencanaan biasanya mempertimbangkan rencana tata guna lahan, perkembangan penduduk dan kepemilikan kendaraan, pendapatan (perkapita), dan sejenisnya.. begicu brader … :)

      • terima kasih pak
        untuk tugas akhir saya akan meneliti tentang estimasi demand pada stop, bila saya menggunakan metode 4 step terlalu luas cakupannya. kira-kira metode apa yg tepat untuk menghitung estimasi tersebut?
        terima kasih

      • kalo saya jadi dosen pembimbing Anda, kayaknya untuk simpang aja sich ga perlu pake model yang aneh2, hitung pake pertumbuhan biasa aja… kayak regresi begitu rojer… :)

  36. Assalamu’alaikum…

    Bapak, saya mau nanya.. Setelah menganalisis Kapasitas dan DS ruas jalan, ada ga UU ato PP yg menyebutkan dg nilai DS sekian dikatakan PADAT, LANCAR, dsb.. Soalnya di MKJI 1997 jg tdk menyebutkan itu. Ato pedoman lain yg menyebutkan skala antara DS, Kapasitas dan Kecepatan. Ditunggu jawabannya.. hehe…

    Wassalamu’alaikum…

  37. met sore nih kang, masalah traffic board itu kang? sy lagi cari rujukan nya perat menteri/KM, sk/instruksi dirjen atau? Tentang Fasilitas dan Angkutan Jalan; Fasilitas Parkir untuk Umum ada yg baru selain KM 65 dan 66 1993 sy cari blum ktemu, sukses Musdanya?

  38. ada di UU 22 Tahun 2009 tentang LLAJ Pasal 13, Pasal 98, Pasal 226, Pasal 321. Pada penjelasan disebutkan juga bahwa : “Guna mengatasi permasalahan yang
    sangat kompleks, Undang-Undang ini mengamanatkan dibentuknya forum
    Lalu Lintas dan Angkutan Jalan”… gitu rojerrr ! :)

  39. trims, infonya. sebelum UU 22/2009 atau sebelum UU 14/92 ada ga yaa rujukannya? KM 63 Tahun 1993 ttg Persyaratan Ambang Batas Laik Jalan Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan, Kereta Tempelan, Karoseri dan Bak Muatan serta Komponen – Komponennya, ada yang komplit kang? sy dah coba buka taapi ga komplit, sekalian jika sudah diperbarui, sy tunggu trims

  40. salam, saya mau tanya apakah salah satu kota atau kabupaten di indonesia ada data suervei volume lalu lintas untuk hari senin-minggu pada tiap jam..? terimakasih

  41. trims, sudah sy buka di tapi sama aja km 63/93 ga komplit, yg ada cuma hal 1,3,5 7 lainnya blum mau muncul. kalau alasan lampu spm hrs nyala siang hari di UU 22 /2009?

  42. mas,kalo pedoman teknis atau aturan yang menjelaskan tentang angkutan bus perintis ada ndak ya?saya cari2 koq kayake cuma diberi penjelasan sedikit sekali..terimakasih

  43. Sore Pak , Saya mo tanya untuk angkutan barang berdasarkan golongan standarisasi muatan yang ada berapa ya….?untuk panduan biar gak terkena denda ditimbangan.
    Terimakasih

  44. Assalamualaikum wr,wb.
    Salam Kenal
    perkenalkan saya atsri, suami saya (opik biro keu) temennya rasyid dari dishub perencanaan… saya tertarik dengan tulisan2 di blog anda, apabila berkenan saya bisa diskusi dengan akang.. haturnuhun

    • ww.. makasih perkenalannya.. kayak kuda aja bisa narik.. hehe… saya seneng banget bisa diskusi membahas yang “unik dan lucu” gicuu.. kalo Anda mengharap yang serieus2, saya khawatir Anda kecewa ketemu saya.. hiks hiks

  45. met siang Kang? moga pada sehat, kang karda apakah semua merk kendaraan boleh dijadikan angkutan umum baik orang ataupun barang? adakah syarat khususnya? misal Daihatsu grandmax atau luxio mau tuk angk. pnp umum harus ada izin dari Dirjen bahwa kend tsb bisa dijadikan MPU atau karoseri bikin kend tsb jadu MPU? mohon info n dasarnya, trims.

    • kalo saya yang ngijinin sih “semua juga boleh lah ama temen ini”.. tapi kayaknya tergantung peruntukannya dech.. aturannya silakan cari sendiri di hubdat.web.id.. punten skr saya lagi banyak orderan niy.. ngejar setoran jugaa.. harap maklum..hehe

  46. Kang, masalah spm roda tiga semacam merk Herculles, Tosa dll akhir-akhir ini banyak memenuhi jalan raya, sementara kalau dilihat ada yang dibuat tuk angk. barang dengan bak atau bentuk lain yang lebarnya (ada yang) melebihi lebar kaca spion. menurut aturan melanggar atau tidak, bila melanggar pasal yg mana ya? soalnya sy cari blm ketemu trims

  47. Bapak/Ibu,apakah untuk kendaraan angkutan barang (mobil box) wajib memiliki surat Ijin Bongkar Muat, apabila dari Dinas Perhubungan domisili kendaraan tidak menerbitkan Surat IBM apakah Sopir bisa disalahkan ?
    Apakah surat IBM yang dikeluarkan dari salah satu Dishub Kab/Kota bisa digunakan untuk wilayah Kab/Kota lain ?

    • prinsip dasarnya “ijin” bongkar muat dimaksudkan untuk mengendalikan kendaraan yang masuk kota, dan diatur di peraturan daerah untuk wilayah masing-masing, jadi hanya berlaku untuk satu kota yang mengeluarkan.. begitu sepengetahuan saya.. moga puas :)

  48. Pak, jika di buku KIR tercantum jumlah penumpang 2, apakah itu artinya supir + 1 penumpang atau supir + 2 penumpang ? Kendaraan yang dipergunakan adalah pick up suzuki. Makasih buat infonya ya…

  49. pak karda…
    saLam kenal..
    apa bpk tau tentang penyusunan standarisasi terminal perkotaan?
    mohon informasinya…
    terima kasih

  50. tau sich dikit.. hehe.. standarisasi itu tanggung jawab dan kewenangan ditjendat..silakan langsung ke jalan merdeka barat 8.. makasih dah mampir, seneng kenal Anda…

  51. ‘Lam kenal,
    mau tanya, bgmn cara mendapatkan surat keterangan untuk pengurusan plat kuning untuk mobil kursus mengemudi. mobil yang saya maksud mobil baru dari dealer. kemudian butuh perizinan apa saja untuk status mobil kursus mengemudi? Thx

  52. saya kurang faham nih.. kalo logika saya sih, angkutan umum itu khan yang dipergunakan untuk mengangkut orang/barang umum, lha kalo mobil kursus apa kendaraan umum ? rasanya sich bukan.. angkutan umum memang sekarang dapet potongan pajak 40% tapi ga semua kendaraan bisa jadi kendaraan umum. itu cuma opini saya loh.. nanti saya tanyakan aturan yang lebih pas nya kepada yang lebih berwenang… untuk lebih jelasnya silakan Anda juga langsung tanyakan kepada pemberi ijin usaha kursus mengemudi Anda ato kepada Dinas Perhubungan sesuai domisili perusahaan Anda.. makasih dah mampir… ;)

  53. Selamat Siang Pa Karda,

    Saya bekerja diperusahaan tinta cetak , apakah kendaraan trasnportasi kami harus memiliki izin khusus, seperti izin pengangkutan B3?, perusahaan apa saja yang wajib memiliki izin angkut B3 ? Pertaurannya no berapa?

  54. saya kurang jelas jenis tinta yang diangkut dan menggunakan kendaraan apa. mengenai peraturannya ada di keputusan menteri perhubungan tentang angkutan barang di jalan silakan download sendiri di http://www.hubdat.web.id. mengenai perijinan juga merupakan kewenangan kementerian perhubungan, silakan langsung ke sekretariat kementerian dimaksud.. makasih dah mampir

  55. salam kenal pak….
    mau tanya…untuk terminal tipe B standar kapasitas untuk ruang parkir kendaraan pribadi brp y?
    mohon di balas…

  56. tergantung kapasitas statis dan dinamisnya.. *kapasitas statis = jumlah kendaraan berhenti tanpa memperhatikan headway (jarak/waktu antar kendaraan), kapasitas dinamis memperhatikan headway.. jadi Anda harus mengetahui dulu jumlah kendaraan atau bus yang akan menggunakan terminal tersebut.. demikian.. moga Anda puas.. (kayaknya sich ngga ya? harus panjang lebar sich ngejelasinnya.. hehe)

  57. salam kenal…… mw tanya ni… dalam uu no.22 tahun 2009 disebutkan bahwa andalalin disusun oleh tenaga ahli/konsultan yang mempunyai sertifikat, apakah saat ini sudah ada konsultan yang memiliki sertuifikat dan bagaimana bentuknya serta siapa yang berhak mengeluarkan sertifikat tersebut?? mohon penjelasan trims

  58. slmt siang bpk..saya mahasiswa teknik sipil maranatha ada beberapa yg mo saya tanyakan boleh kan :)

    1. apa ada UU / PP yg melegalkan dlm menyebut untuk angkutan kota atau mobil penumpang umum yg sesuia dlm UU / PP ???
    2. apa ada cara atau metode untuk menghitung tarif angkot selain metode dr pedoman teknis teratur dephub 2002 ???
    3. apa ada dasar teori yg menjelaskan tentang pengusaha angkot utk pengusaha angkot kecil, sedang, dan besar ???

    mohon dibantu ya bpk,terimakasih…

  59. siang juga, boleh aja mo tanya mah, saya juga boleh menjawab khan ? :

    1.UU yang dipakai adalah UU No 22 tahun 2009 tentang LLAJ, PP nya belum selesai, sementara mengacu pada Keputusan Menteri yang bisa Anda download di http://www.hubdat.web.id ;
    2. metode perhitungan tarif yang ditetapkan dalam pedoman teknis adalah untuk kemudahan menghitung saja, metode lain bisa-bisa saja misal dengan melihat kemampuan (daya beli masyarakat) ato kemauan membayar penumpang (willingness to pay) ;
    3. saya kurang jelas dengan pertanyaan ketiga apakah pengusahanya yang dikategorikan ato angkutan kotanya yang dikategorikan. pemahaman saya, pengusaha kecil adalah pengusaha yang mempunyai armada (kendaraan) sedikit, sedang pengusaha besar mungkin lebih banyak kepemilikannya. sedangkan jenis armada juga bisa dikategorikan kecil (bis kecil, 12 seat), sedang (bus 3/4) dan bus besar (50 seat). dasarnya ada di Keputusan Menteri Perhubungan No. KM 35.
    demikian, moga puas (kalo ga puas, puas2 in aja dech) hehehe….

    • msi kurang puas pak,hehehe..
      saya sdng skripsi dgn topik biaya operasi kendaraan angkutan kota trayek caheum-ledeng..saya sdng cari cara menghitung tarif selain dr pedoman teknis itu utk di jadikan pembanding..apakah bpk pnya karya ilmiah atau paper yg berkaitan dgn BOK dan tarif angkot..
      dan terakhir yg mo saya tanya apa bpk tau kepanjangan dr Rit??

      • Kan Anda sedang carii.. Ya cari aja sampe ketemu, kalo paper sy ga punya euy, sy khan dah tuir, belajar чğ begituan tahun 94 dulu.. Gatau pada kemana buku2nya juga.. Tapi kira2 tau lah garis besar metoda nya mah..
        Kalo rit gada singkatannya, itu artinya ‘putaran’, kalo Rtt =round trip time. Gicu rojer, apa bisa dicopy? *sy ngantuk euy, mw bobo duyu.. Heheh

  60. saya dianisa
    mahasiswi d salah satu universitas swasta d bdg.
    saya sdang menjalankan tugas untuk d majalah kampus saya yang tema nya tahun ini mengenai transportasi di jawabarat. Khususnya bandung. Saya mau minta tolong. Mungkin dari saudara-saudari di sisni bisa merecomended kpada saaya untuk di wawancarai sebagai pakar untuk di majalah kampus saya..
    terimkasih banyak,,, di minta partisipasinya.^^

  61. iyah banyak yg bisa diwawancara sich kayaknya, gatau jawabannya bener apa ga nya sich.. coba aja Dian ke Dinas Perhubungan Kota Bandung di Jl. Sukarno-Hatta (Term Leuwipanjang), disitu banyak para pakar ada Pak Ricky Gustiadi, Pak Suharmaji, Pak Uba Reynaldi dll dsb.. *kalo mo nanya saya juga boleh tapi jangan via sms soalnya kemungkinan ga dijawab apalagi bulan puasa begini, seringnya bobo ciang.. heheheh..

  62. Selamat siang,

    Boleh tanya tentang regulasi yang mengatur tentang penggunaan forklift di jalan umum? Terima kasih.

    Salam,
    Bondan

  63. Salam kenal….
    Saya wiwid di Jatiasih Bekasi, mo nanya: bentar lagi kan mudik nih! rencana mo mudik ke palembang sumsel, mudik tahun lalu saya kena tilang di lampung gara-gara bawa barang di rak bagasi atas innova kami, sebenarnya boleh nggak sih? kalo ga boleh ngapa rak bagasi itu dijual belikan?? kalo ga boleh uulaj pasal berapa yg dilanggar, kalo boleh apa dasar hukumnya…makasih infonya

    • Sepengetahuan saya sich, dasar pemikiran penggunaan kendaraan adl sesuai peruntukannya yakni mobil penumpang untuk ngangkut penumpang dan mobil barang u ngangkut barang. Bukan berarti juga bhw penumpang ga boleh bawa barang, boleh2 aja asal чğ wajar. Sy kurang faham realnya barang чğ ada di rak bagasi Anda seperti apa, чğ perlu Anda ketahui ada batasan dimensi (tinggi, lebar) dan berat muatan чğ diperbolehkan sesuai jenis kendaraan чğ Anda gunakan. Itu bisa Anda lihat di manual kendaraan Anda.. Sy kurang faham ada ato tidaknya larangan memakai rak bagasi, tapi sy rasa dasar pemikirannya seperti itu. Sy jg penasaran ada apa ga nya di aturan чğ berlaku.. Nanti sy juga mw buka2 lg aturannya kalo ada waktu senggang. Sbg kisi2, rasanya aturan seperti itu adanya di keputusan direktur jenderal perhubungan darat. Oya, harusnya Anda juga tanyakan kepada petugas чğ menilang Anda, mungkin juga ada di berkas tilangnya, pasal berapa aturan apa чğ Anda langgar.. Begitu jwban sy u sementara ini.. Seneng Anda dah mampir disini.. Salam kenal.. Makasiih…

  64. mo tanya kang…
    1.apa klo blum ada perda baku ttg perubahan lalu lintas/rekayasa lalulintas apakah qta wajar untuk ditindak
    2. Ada gak pembatasan umur ankot dalam beroperasi/ dibagi 50-50 %

    Andry Lengkey
    Sekertaris
    KSBK
    Kerukunan Sopir Basis Karombasan
    manado
    Sulawesi Utara

    • Pendapat saya (pribadi) :
      1. Ga wajar
      2. Tergantung kebijakan daerah. Karena kondisi kendaraan sangat dipengaruhi perawatan. Di inggris, mobil buatan th 70an masih laik pakai loh..
      Makasih dah mampir, seneng kenal Anda, salam buat semuanya..

  65. Ass,,,sy DISHUB POLMAN,mo nanya nich,,,,gmn sich sbenarnya aturannya apabila mengadakan pemeriksaan di terminal apa mesti di dampingi kepolisian? trus ada g aturan tentang pencabutan TPR ,,,thanks y,,mat knl

    • Di terminal dan di jembatan timbang setau saya sich boleh ga didampingi polisi asal pemeriksaan tetap oleh PPNS. Pencabutan TPR di beberapa perda udah dilakukan oleh pemerintah pusat, kalo ga salah ada infonya di depkumham, tentu saja perdanya juga diuji dulu.. Begitu brad.. Mohon maaf jawabannya ga lengkap, ga kepegang.. Ini juga jawab sambil momong anak.. Makasih dah mampir.. Salam :)

  66. mo nanya kang,
    1. kalo mobil angkutan barang yg berplat kuning daerah cirebon dan mobil tsb beroperasi di cikampek dan jakarta apa diperbolehkan ?

    2. saya ada mengajukan bbn truk (baru) yg berplat kuning tetapi surat rekomnya tidak keluar dg alasan no KBLI nya tidak sesuai padahal di SIUP juga sdh diterangkan jenis usahanya angkutan barang umum. mohon solusinya kang.

    terima kasih sebelumnya.

  67. selamat sore,
    saya ingin bertanya apakah ada rumus untuk mengalibrasikan jika kita survey mengunakan sepeda motor sehingga dikalibrasikan menjadi truk. survey ini dilakukan untuk mencari waktu tempuh

  68. Dear Bapak/Ibu,

    Apakah saya bisa mendapatkan informasi data jarak antar kota Depok ke kota-kota lainnya di JABODETABEK?

    Depok ke Jakarta
    Depok ke Bogor
    Depok ke Tangerang
    Depok ke Bekasi

    Terima kasih atas perhatiannya.

  69. mao tanya gan…saya mau TA tentang load faktor angkutan umum
    1. soal survei load faktor angkutan umum gmana caranya?
    2. formulir surveynya kaya gmana,minta contohnya gan?
    3. minta penjelasan tentang pola rute angkutan angkot?
    makasih gan

    • Ada 2 cara. Statis dan dinamis. Statis, anda duduk di tepi jalan dan hitung LF angkutan чğ lewat. Dinamis, anda duduk dalam angkutan, catat penumpang naik turun dan hitung minimal 12x pp. Getoh brad..

  70. mao tanya kang.. saya kerja di perusahaan makanan (home industri), punya mobil box panther buat operasional, belakangan ini dapat orderan dari daerah bekasi. tiap kali kirim ke daerah sana, supir kita selalu kena masalah alias dipermasalahkan surat2 oleh petugas DLLAJ. “izin bongkar muat dan SIPA”. supir kita selalu berakhir dengan “jalan damai, Pak” pakai kocek dia sendiri. kasihan juga jadi nya. saya sudah lapor ke BOS, jawabnya:”Kalau mau bantu, urus saja surat2nya!”. BINGUNG saya jadinya, mohon pencerahan plzzz.. apa memang perlu kita “surat izin bongkar dan SIPA itu” dengan kondisi kita bukan perusahaan angkutan? kalau wajib, harus kemana kita urus surat2 nya? (bekasi). kira2 perlu biaya besar tidak?
    sebelum dan sesudah, terima kasih banyak…
    ps.. bingung lagi mau nanya kemana.. ouii…

  71. mohon pencerahan pak, barangkali bisa menjelaskan tentang mekanisme perubahan plat no kendaraan dari plat kuning menjadi plat hitam (misal ex taxi). kebetulan ada mobil ex taxi, msh a.n. perusahaan, tp plat&warna dll sdh diubah dengan surat pelepasan dari dirjen bea cukai u dijualbelikan secara bebas…itu maksudnya apa ya?apakah berarti mobil itu sudah ber plat hitam?bgmn dgn status STNK_BPKB yang msh atas nama perusahaan?makasih sebelumnya pak.

  72. Mau tanya Pak, saya bergerak di bidang jasa pengangkutan barang. Apakah saya perlu mengurus izin gudang/ruangan? Mengingat izin gudang tdk untuk dikunjungi oleh umum dan izin ruangan diperuntukkna utk menyimpan barang perniagaan. Izin apa saja yg perlu saya ajukan? Karena skg di izin usaha saya tertls jasa adm angkutan

  73. mau nanya nih, soalnya blok ini cukup bagus buat para profesional dibidang transportasi dan cukup mumpuni, bang mau tanya untuk dapat data survey OD nasional 2006, carinya dimana bang, saya sangat memerlukan untuk tesis nih, bisa nggak bang menolong saya, thanks

  74. Mas, ijin bertanya. Klo Standar Pelayanan Terminal ada ga mas, bukan kinerja terminal maksudnya ya mas? klo ada boleh kasih link atau referensinya dong mas. butuh buat skripsi mas,hehehe… makasi sebelumnya mas:-)

  75. saya mau tanya apakah DISHUB melakukan penilangan!!!!!! apakah ada yg janggal.Trus pak polisi????
    N
    ini terjadi pada tgl 28 des 2011 jam 14.00 di bekasi barat (Islamic)
    * Warna Plat nomor Hitam
    * jenis mobil Carry Losbak (1 kabin)
    Mohon penjelasan,apakah OKNUM !!!!!!!!!!!!!!!!!!

  76. mat sore kang, di daerah saya ada sdikit polemik mengenai kendaraan aset pemerintah/pemda jenis bus yang disewa kontrakan kepada kelompok masyarakat desa dengan tujuan pemenuhan sarana transportasi masyarakat perdesaan yang minim, sehingga Dishub mengajukan rekomendasi plat kuning kepada Samsat untuk kendaraan angk. penumpang tersebut tetapi yang terjadi malah pihak kepolisisan dlm hal ini lantas menolak rekomend. tsb dan menawarkan ke plat merah, gmana kang solusi mengenai permasalahan ini, sedangkan kendaraan tsb untuk angkutan penumpang umum. trims solusinya

    • Kalo menurut aturan sich, чğ boleh disewakan harus plat kuning dulu (ada juga aturan lainnya, misal harus ada ijin usaha angkutan, pemda khan bukan kepengusahaan angkutan), jadi bukan disewakan baru diplatkuningkan..
      Kalo menurut pendapat saya (pribadi) sich rasanya kurang pantas juga pemda berusaha (angkutan), pemda hanya boleh mengusahakan sesuatu melalui Badan Usaha Milik Daerah.
      Saya blm berani komen lebih jauh masalah ini, harap dikonsultasikan dgn bagian hukum.
      Makasih udah mampir, salam..

  77. Yang Terhormat Kang Karda, mohon diberi pencerahan, sopir saya sering kena tilang oleh Polantas karena menggunakan lampu rotary (warna Kuning) karena memuat barang khusus. Hal ini dipersalahkan (kena tilang) karena ijin penggunaan lampu rotary dikeluarkan oleh DISHUB. Menurut Polisi Lalin bahwa sesuai UU No 22 yang berwenang mengeluarkan surat Ijin Penggunaan Lampu Rotary adalah pihak kepolisian.

    Pertanyaan saya adalah…..instansi mana sebenarnya sesuai dengan undang undang yg berhak menerbitkan ijin untuk penggunaan lampu rotary (kuning) tanpa sirene?

    Haruskah kalau sudah mengantongi ijin dari DISHUB untuk hal tsb diatas juga perlu minta surat dari Kepolisian.

    Salam

  78. Kang Karda yth,

    Komplek kami mempunyai permasalahan tentang aturan garasi kendaraan truk engkel dan double di dalam komplek perumahan.
    Bagaimana aturan UU dan sanksinya atas keberadaan garasi truk engkel dan double di dalam komplek perumahan dimana jelas mempunyai kelas jalan yang terbatas, adanya polusi suara dan udara, serta mengganggu lalu linbtas komplek (meskipun ada garasi khusus untuk truk tsb)…..
    Warga komplek sudah menyatakan menolak adanya garasi dalam komplek, namun dengan alasan adanya ijin usaha dari ybs tetap ngotot sampai saat ini. Catatan ijin usaha ybs adalah jasa angkutan dengan mobil box….
    Mohon informasi :
    a. Aturan/UU kelas jalan komplek dan sanksinya
    b. Bagaimana menyampaikan keberatan lewat lembaga secara resmi
    c. Bisakah dilakukan peninjauan ijin usahanya (baca : dibatalkan)

    Mohon penjelasannya,
    Terima kasih

  79. anak buah saya mengendaraai mobil granmex bak terbuka melaju dari jkarta menuju kuningan membawa tower untuk kecamatan2 di kabupaten kuningan gak berat sih. cuma panjang panjang besinya kurang lebih 2 meteran… di daerah cirebon terkena DLAJJ karena tidak memiliki siva dan surat ijin bongkar muat, akhirnya damai dengan uang 20.000 kenapa perda jawa barat dan jateng beda yah….apa guna nya KIR. dan itu dipergunakan oleh oknum untuk menariki setiap mobil yang lewat.. gimana cara penyelesaiannya…

    • Iya, memang perdanya masih beda sih, Pak.. Belum kompak. Mengikuti aturan setempat aja, mungkin prinsipnya ‘dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung’.. Makasih dah mampir.. Mg lancar di jalan.. :)

    • kemaren saya juga gitu , ditanya sipa dan ibm trus saya jwb gak ada krn mobil saya bukan domisili disitu. trus dia tanya buku kir sy jwb ada anggota polantas gak pak yg mndmpingi bpk kalo gak ada saya gak mau kasih bpk cukup liat stiker sama plat saya saja..trus dia minta uang rokok biar gak ditilang tapi saya gak mau kasih dan tinggal pergi…itu alasan mrk saja buat cari korupsian…DISHUB PENUH KORUPSI

  80. Kang mau tanya saya sebagai supir yang sering mengirim barang ketoko yang dekat trafic light perempatan. toko tersebut sekitar 8meter dari trafic light , pernah suatu ketika saya di tilang oleh polisi yang berpatroli dengan moge sedangkan didekat perempatan itu ada pos polantas tetapi tidak pernah menilang, disekitar toko tersebut tidak ada rambu dilarang parkir maupun dilarang berhenti. Bagaimanakah aturan lalu lintas sebenarnya karena saya kurang paham hukum. Apakah tidak diperbolehkan berhenti tepatnya parkir untuk menurunkan barang ?mohon penjelasannya
    Terimakasih

  81. selamat siang pak karda,
    saya sedang skripsi kebetulan topik saya ttg transportasi.. saya mau nanya pak,kalo mengenai penggajian supir truk itu ada aturannya gak pak? terima kasih pak

  82. Pagi, pak. saya mau tanya. kalo ingin mengajukan surat ijin untuk mobil pariwisata, bagaimana? terlebih baru satu kendaraan, bukan travel besar.

    • Sebenarnya Ppns nya berhak, Pak (itu pun kemudian dilaporkan kepada kepolisian).. Tapi emang sangat jarang dilakukan, umumnya ngurus angkutan umum aja.. Makasih dah mampir.. Salam :)

  83. Mohon penjelasan mengenai Surat Ijin Pengusaha Angkutan (SIPA).

    Truk saya kena tilang Dishub karena tidak ada Surat Ijin Pengusaha Angkutan (SIPA) sedangkan STNK, KIR dan surat izin bongkar muat ada dan masih berlaku.

    terima kasih

      • mau tanya pak..pickup saya daerah jakarta pas saya lewat bekasi ditanya SIPA dan IBM sy tdk punya jadi saya ditilang..prtanyaannya
        apa mobil domisili jkt perlu SIPA dan IBM? SIPA jkarta atau bekasi
        terus SIPA itu untuk mobil luar atau mobil yang domisili disitu, krn dijkt sy tdk pernah kena tilang masalah SIPA
        trims atas balasannya pak…

      • Wah klu jawaban begini, yg sudah S2 Transportasi, pantas saja para petugas Dishub lapangan yg notabene pendidikan lebih rendah,memanfaakan SIPA menjadi lahan cari duit ( terutama di Bekasi),dan biasanya petugas menganggap yg supir PU/truk adalah org pendidikan rendah.Perlu saya sampaikan hal sbb :

        1.Bahwa SIPA dalam UU Lalin dan Angjal no: 22 thn 2009 tdk dibahas lagi.Semangat UU ini adalah semangat dalam segala aspek tentang lalin dan angjal.Cuma ada yg lucu juga dlm UU tsb pd pasal 168 ayat 2 tentang perjanjian angkutan umum yg di dlm penjelasannya adl : bukti pembayaran sah antara penangkut dan pengirim.Lucunya adl :
        a.Bukti pembayaran dlm real bisinis bisa dianggap rahasia perusahaan, supir (tdk perlu tahu)
        b.Dlm dunia real utk efisiensi dan keamanan, pembayaran dilakukan setelah kirim sampai dan dunia cepat ngak perlu tunai (atm bisa ) (gaptek juga pembuat UU).
        Tapi sy maklum, kita tahu sekualitas apa anggota DPR kia, wong tukang becak,penganguran juga bisa sekarang.Tp yg lucunya LSM ransportasi spt MTI koq ngak pernah bahas?

        2.SIPA dan IMB sekarang adanya pada perda2.Semangatnya adalah mendapakan restribusi.Dan rata2 menyebutkan dengan tegas untuk angkutan umum.

        Jawaban anda tdk jelas di jelas, tangkapan saya, setiap wilayah perda harus punya setiap yg kita lalui.Sungguh merepotkan sekali tinggal di RI.Apakah RI sudah menjadi serikat/Uni atau NKRI sudah mati?

        Pak Chris, memang petugas Dishub Bekasi Kota brengsek .Besok saya mau iku sidang SIPA ini, Grandmax PU saya ditilang, sampai MA pun saya mau sidang.Dan klu tdk bersalah, akan saya kerjai tuh petugas akan di PTUN-kan

        Sugiono
        Supir PU

  84. pagi pak saya pendatang baru,,slam knal saya mw tanya website yang memuat ttg peraturan perundang”an ttg ketertiban dan kelancaran transportasi di jalan n skalian sanksi yg di kenakan da gak pak?? mohon bagi ilmunya pak,,trimz

  85. pak setelah saya cari,,kq gk da yaa,,terutama ttg sanksi yg ditetapkan dinas terkait ttg sanksi yg di tetapkan bagi yg menghalangi atau menghambat kelancaran lalin

  86. Mau nanya nih mas, sekarang kita ada kendaraan berupa mobil kereta wisata dengan 1 gandengan dibelakangnya,trus untuk perizinannya apa apa saja yang harus kita miliki dan kemana kita harus mengurusnya? terimakasih sebelumnya ya mas.

  87. mau nanyak juga ni mas, apa ada petunjuk perencanaan tebal perkerasan lentur terbaru bina marga selain analisa komponen 1987? kalo pedoman kan ada tu keluaran tahun 2002. kalo ada mohon share link downloadnya…terimakasih sebelumnya mas

  88. makasih kang Karda atas pemberitahuan alamatnya Dishub Prov nya..saya mau nanya kalau untuk ovservasi data harus bawa surat pengantar dari kampus yah..?saya sudah ovservasi di dinas kabupaten tapi data yang saya perlukan blm ada..emg kalau untuk data ankutan umum AKDP harus ke Prov? contohnya untuk Trayek aramada elf Subang-Bandung? mohon bantuanya…

  89. Bos mau tanya, perusahaan saya punya truck yang memiliki ijin usaha daerah Bekasi dan kendaraan tersebut di kir di Jakarta. Namun pada saat di jakarta tepatnya di wilayah cakung truck sering di stop oleh Dishub dan mempermasalahkan ijin usaha tersebut. Apakah kami benar-benar salah terhadap hal ini? mohon penjelasannya

  90. buat bapak karda sya maw tanya nie,,,,

    stelah lama sya d bekasi, sya melihat untuk mobil kursus mengemudi d sna menggunakan mobil plat kuning ATAU PLAT UMUM, tapi setelah sya ke kalimatan selatan khususnya d sni mobil kursus mengemudi menggunakan mobil pribadi atau plat hitam,,,
    yang sya mw tanya kan yang benar itu sebenarnya menggunakan plat nomor pribadi apa plat umum dan drima referensinya??

    thanks mohon dijawab yach…

    • Emang pernah jadi perdebatan juga masalah itu, karena selama ini kita mempersepsikan plat kuning untuk angkutan yg dipergunakan umum sedang hitam untuk pribadi (baik perorangan atau perusahaan). Seingat saya sich ada aturan yg mengharuskan diplatkuningkan, dan sepengetahuan saya juga aturan itu belum sepenuhnya bisa dijalankan, jangankan di kalimantan yg jauh dari jakarta, lha wong di bandung aja banyak yg masih plat hitam..

      Perbedaan persepsi angkutan yg “dipergunakan untuk umum”lah yg masih membuat aturan butuh waktu untuk diterima. kalo dipersamakan dengan taksi ato angkutan barang yg disewakan untuk umum khan rasanya kurang pas juga karena mobil kursus khan fungsinya untuk latihan mengemudi, bukan untuk “mengangkut”.. Tapi yaa sekarang sich emang udah “disepakati” bahwa mobil kursus harus plat kuning jadi tinggal diikuti ajaa.. Lagian ada untungnya juga kalo plat kuning, khan bisa dapet pemotongan pajak 40% (gatau juga tergantung persepsi dispenda masing2 provinsi).. Getoh Pa..

      Makasih dah mampir, maaf aturan2nya saya lupa tapi kurang lebih esensinya begituh, lebih jelasnya silakan cari di kepmenhub (buka hubdat.web.id).. *ini saya jawab sambil nonton Rep. Ceko vs Polandia.. Heheh

      • terima kasih atas masukan nya,,,

        sya tnya itu pak karena dlu dri pihak sya ada penertiban untuk mobil kursus tersebut tetapi pihak dari perusahaan tersebut membantah karena kurangnya sosialisasi tentang penggunakan plat kuning tersebut

  91. Salam kenal….
    Saya arie di medan, mo nanya:
    Kinerja suatu terminal dan parameter yang digunakan untuk membandingkan kinerja tersebut dengan standar dari Dinas Perhubungan apa ya mas,,,dan kalo Kriteria yang harus diperhatikan dalam penentuan lokasi terminal angkutan barang apa ya mas,,,
    trmakasih mas,,,
    mohon di jawab ya,,:)

    • Salam kenal juga, kinerja terminal ada di keputusan menteri perhubungan (bisa download di hubdat.web.id), penentuan terminal angkutan barang adalah jaringan tranportasi barang yg memperhatikan supply dan demand (pusat produksi & konsumsi).. Demikian, makasih dah mampir :)

    • Alhamdulillah sae… Silakan tanyakan langsung aja ke kantor dishub propinsi atau ke badan perijinan. #kalo sayah yg jawab nanti salah.. Heheh

  92. Siang pak, sy mahasiswi yg sdg melakukan tugas akhir mengenai demand busway di kota tangerang, menurut bapak faktor2 apa saja yg bisa di jadikan acuan utk mengetahui demand tsb? Dan bagaimana cara menghitungnya? Terima kasih sebelumnya

    • Hitung biaya langsung dan ga langsungnya dulu. Biaya langsung misalnya bbm, olie, retribusi dll. Tak langsung misalnya biaya maintenance. setelah ketemu dibagi dech per jarak dan muatannya… Getoh rojeerr… :)

  93. mo tanya nihhhh,anak saya mo saya masukan kuliah fakultas di transfortasi laut,kira2 kalau dah selesai kuliah mudah cari kerja apa tidak ? kesempatan kerjanya banyak tidak ? apa saja ?

      • maksud saya bukan di stip nya tapi di universitasnya,soal nya saya liat di ITS ada fakultas transfortasi kelautan,nah kalau dah lulus bisa kerja di mana saja omm ? terima kasih jawaban nya

      • Oh iya sama Pak.. Kerjanya bisa di perush negeri ato swasta(dlm negeri / asing). Byk temen2 saya чğ di dephub dulu dr kelautan. Bisa juga bekerja di administrator pelabuhan ato perush pelayaran..

  94. mo tanya nihhh om tolong di balas yaaaa,anak saya mo saya masukin luliah di fakultas transfortasi laut,kalau dah tamat kuliahnya (S1) kesempatan kerja di perusahaan swasta n negeri banyak apa tidak ?univ swasta dan negeri mana yang ada fakultas transfortasi kelautannya ?trims

    • Univ чğ ada kelautan banyak, kalo чğ khusus transportasi laut yaa stip (sekolah tinggi ilmu pelayaran) dan ga perlu s1 lagi karena udah setara s1. S2nya bisa dimana aja..

  95. saya mau tanya….saya pengusaha angkutan mau inves armada truck apakah baik nya pakai plat hitam atau plat kuning????apa perbedaan dan mamfaat nya????terimakasih.john hardi

    • Hitam u pribadi, kuning u umum. Jika anda akan menyewakan kendaraan anda kepada umum (pribadi ato perush) maka anda ãќё plat kuning. Jika anda tidak menyewakan kendaraan anda, hanya u distribusi perusahaan anda sendiri (misal anda punya perusahaan minyak ato apalah yang perlu pengangkutan dlm jumlah banyak) maka anda ãќё plat hitam saja. Demikian..

  96. saya mau tanya???berapa sih sesungguh nya biaya kir???kenapa setiap beli kendaraan baru khusus nya truck tidak di kasih sertifikat uji emisi..sedangkan sekarang rata2 perusahaan meminta sertifikat tersebut…dan kemana klo saya mau urus???

    • Biaya kir biasanya dipajang di halaman masing2 gedung pengujian, Pak.. Mhn maaf saya ga berhak u menjelaskan, silakan liat langsung aja.. *takut salah juga.. Makasih.. Hehe

  97. Assalamualaikum, bos kalau penurunan barang di JT dasar peraturannya dimana? Trims, maaf yg kemarin belum puas lo, mudah-mudahan melalui ini bisa memuaskan. Trims

    • waalaikum salam wr wb.. masalah penurunan kelebihan muatan di jembatan timbang ini emang udah jadi polemik berkepanjangan. kalo diturunin siapa yang ngurusin barangnya, penyimpanannya gimana, yang tanggung jawab siapa dll. sementara penurunan pelanggaran kelebihan muatan juga dapat berdampak sangat luas misalnya perubahan harga barang… dilematis buat kita milih mana harga (barang termasuk sembako) naik ato membiarkan jalan rusak. iya sich semuanya juga maunya jalan bagus harga murah kalo perlu ga bayar pajak tapi khan susaah… hehe

      kalo dulu sich dasar penurunan kelebihan muatan di jembatan timbang adalah KM 5 tahun 95 tapi sekarang khan UU nya udah ganti. terus di Jawa Barat dulu dasarnya Kepgub 47, sekarang sejak ganti perda 3 Tahun 2011 belum jelas prosedur penurunannya seperti apa karena peraturan pelaksaannya belum ada/dalam proses. sepengetahuan saya sich begitu, brader…

  98. Assalamu’alikum Wr. Wb.
    met kenal Bang
    Perusahaan kami punya1 truck dengan plat hitam untuk mobilitas barang antara Jakarta Timur dan Bekasi.
    Yang mau kami tanyakan Apakah Truck tersebut harus dilengkapi dengan SIPA ?
    Terimakasih

  99. pak karda mohon lingkup dan judulnya dapat di perlaus lagi.. bukan hanya jabar tapi Indonesia, saya yakin pikiran anda sangat bermanfaat bagi masyarakat Jabar khususnya namun juga masyarakat Indonesia umumnya ,, good luck broooo…

  100. Salam kenal aja dlu kang…
    Perkenalkan, nama saya Rahmi, mahasiswi transportasi di sebuah prrguruan tinggi x, sementara dalam tahap penyusunan tesis…
    Mau nanya kang…persyaratan sebuah terminal harus direvitalisasi apa yaa? Revitalisasi sebenarnya apa sih?
    Permasalahannya gini : di suatu kota x terdapat sebuah terminal penumpang tipe A, lahannya luas, bangunannya megah, fasilitasnya bisa dikatakan lengkap walaupun mungkin masih ada yang kurang, tapi permasalahannya penumpang dan supir g mau masuk ke terminal tsb. Alasannya : klo dari versi penumpag (jauh, perlakuan buruh yang saling berebut pada saat mereka turun dari angkot menuju masuk bangunan terminal, begitupula halnya dengan supir yang berebutan penumpang, waktu keberangkatan kendaraan umum yang tidak jelas, plus uneg-uneg lainnya membuat para penumpang jadi ogah masuk terminal), versi supir (mengikuti keinginan penumpang aja). Akhirnya, fenomena yang terjadi saat ini adalah : terminal menjadi sepi, munculnya terminal bayangan yang tidak jauh dari keberadaan terminal tsb yang disinyalir dibackup oleh para petugas, mobil plat kuning dengan bebasnya masuk di daerah perkotaan buat antar jemput penumpang, mobil plat hitam dengan leluasa mengambil penumpang sehingga sulit membedakan mobil angkutan umum dan mobil pribadi.
    Nah, rencananya saya mau mengangkat permasalahan tersebut, tapi bingung nentuin judulnya seperti apa…untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terminal sudah pernah diteliti sebelumnya oleh mahasiswa lain, rencana mau mengembangkan dari penelitian tsb. Klo judulnya “revitalisasi terminal x” boleh g yaa, dan yang harus direvitalisasi desainnya atau manajemennya aja, mohon petunjuknya ya kang sebagai orang yang lebih paham. Makasih sebelumnya kang! ^_^

    • Oh kedengerannya bagus… Masalah seperti itu khan terjadi di mana2… Sepengetahuan saya selama ini, keengganan penggunaan terminal adalah karena pengguna emang maunya yg serba cepat, “jika bisa naik angkutan tanpa masuk terminal, kenapa harus ?”, sopir juga enggan menggunakannya karena menghindari peron, sementara ada juga perusahaan2 angkutan umum besar membangun tempat kedatangan/keberangkatan dalam bentuk pool, masalah lebih besarnya adalah makin rendahnya penggunaan terminal juga merupakan ekses dari peralihan penggunaan angkutan umum yg menggunakan kendaraan pribadi/sepeda motor.. Menurut pandangan saya sih, yang harus direvitalisasi adalah sistem pelayanan angkutan umum secara totalitas, bukan terminalnya semata. Tapi tentu saja yg saya sebutkan diatas baru bersifat opini karena saya belum melakukan penelitian resmi. jika Rahmi tertarik untuk mengkaji masalah tersebut, alangkah lebih bagus jika penelitian difokuskan pada keinginan pengguna saja, maunya seperti apa sih, terus perhatikan pula pola kebutuhan perjalanannya. Penelitian tidak perlu terlalu luas karena bisa pusing sendiri. Yg tadi Rahmi sampaikan bisa juga sebagai alternatif, dan yg lebih penting, konsultasikan dengan dosen pembimbing Anda yaa… *makasih dah mampir :)

      • Makasih kang atas jawaban dan sarannya…
        Btw, dimana bisa saya dapatkan Pedoman Teknis Ditjen Hubdar, 1996 yang membahas masalah trayek angkutan umum, juga Petunjuk Teknis Pengelolaan Terminal yang berlaku secara nasional. Saya butuh sebagai tambahan materi studi pustaka, dah coba browsing di internet tapi belum dapat juga sampai sekarang. Mohon petunjuknya ya kang…makasih ^_^

  101. kang karda, mau tnya ni..sya pake mobil double cabin plat hitam (bkn untuk usaha) sya pake pribadi, kemudian sy kena tilang cm gara2 sya tidak punya SIPA, apakah mobil double cabin yg tidak untuk usaha harus punya SIPA jg?? SIPA kan Surat Izin Pengusaha Angkutan, lha sya ini bukan pengusaha. Mohon balasan dan pencerahannya

  102. iya setau saya yang diwajibkan untuk kendaraan barang adalah buku kir, kalo SIPA memang hanya untuk pengusaha angkutan.. coba di cross check ke kantor dishub setempat untuk lebih jelasnya… nuhun…

    • …assalamualaikum…
      mau tanya…Perda atau keputusan pemerintah daerah lainnya yang berhubungan dengan kebijakan pembangunan menurut TPR.
      memberikan tanggapan sejauh mana kasus tersebut ditinjau dari teori pembangunan dan keterbelakangan.

      menyimpulkan dan memberikan rekomendasi berdasarkan hasil pembahasan.

      makasih

  103. Salam kenal Kang.. Saya sedang ada project pengembangan untuk plat kuning terutama untuk angkutan barang umum (Truck/PickUp). Yang mau saya tanyakan adalah 1. Hal2 apa yg dapat membedakan saya mengajukan Plat Hitam dan Plat kuning? serta apa batasannya penggunaan plat hitam dan plat kuning? 2. Untuk Plat kuning sendiri untuk dijalan hal2 apa yang membatasinya? 3. Bagaimana pembatasan perijinan untuk plat kuning dan plat hitam, bisakah digunakan antar wilayah? 4. Saya melihat di jalan ada pickup/truck yang masih menggunakan plat hitam dalam keadaan mengangkut barang, knp kendaraan tsb tdk menggunakan plat kuning? Sekedar informasi saya sudah membaca UU ttg angkutan barang serta saya sudah tanyakan langsung ke dishub pusat maupun dareah propinsi tp saya belum menemukan jawaban yang pas. mohon jawaban dari Kang Kardy mengenai pertanyaan saya. Jawaban Akang akan sangat berguna bagi saya. Terimakasih

    • Pembedaan plat kuning dan plat hitam adalah untuk membedakan angkutan umum (kuning) dan pribadi (hitam). Perusahaan чğ memiliki kendaraan barang untuk disewakan diberi plat kuning, sedangkan jika digunakan u sendiri diberi plat hitam (misal truk pertamina). Baru2 ini ada aturan pemotongan pajak 40% u kendaraan umum sehingga byk angkutan barang pribadi pun diplatkuningkan. Mengenai batasan plat hitam dan kuning, saya kok merasa kurang pas jika dibilang ada batasan karena keduanya boleh dioperasikan dimana saja sepanjang tidak melanggar aturan lalulintas.. Demikian, mg puas.. Hatur nuhun dah mampir.. Salam :)
      Powered by Telkomsel BlackBerry®

      • Makasi jawabannya kang. saya ada sedkiti lagi pertanyaan. Untuk KIR (Uji berkala) apakah double cabin juga harus dibuatkan?. Kemudian mengenai ijin bongkar muat, apakah ijin bongkar muat bisa berlaku di semua wilayah? misal saya mempunyai domisili di jakarta dan Yogyakarta kemudian saya mau bongkar muat barang di daerah bandung, cirebon, serta semarang. Apakah saya harus membuat ijin bongkar muat tersebut per wilayah? atau memang harusnya gimana? mohon untuk jawabannya kang. Demikian saya ucapkan banyak terimakasih untuk Kang Karda.

      • U saat ini kir diwajibkan u angkutan umum dan angkutan barang tanpa pengecualian. Dan seharusnya sih kir diwajibkan u semua kendaraan bermotor dalam rangka menjaga keselamatan lalulintas tapi u sekarang belum bisa dilaksanakan. Mengenai ijin bongkar muat yg diberlakukan saat ini, hanya u kab/kota yg mengeluarkan, misal Anda dapat IBM kota bandung yaa berlaku u kota bandung aja gitu.. IBM ini biasanya diatur dalam peraturan daerah.. *mohon jangan tanya kenapa begitu karena bukan hak saya untuk menjelaskannya, mungkin Anda bisa tanyakan langsung kepada yg berwenang… hatur nuhun dah mampir.. :)

        Transportasi Jawa Bar

  104. mas klo cara menghitung prediksi arus lalin liburan (natal & tahun baru) ada tidak
    saya ambil patokan dari tahun sebelumnya, masih bingung dengan predeksi kenaikannya % ?

  105. Mau tanya nih…. Untuk mendapatkan sertifikasi andalalin itu bagaimana caranya?
    Siapa yang mengeluarkan sertifikat tersebut?
    Terus pendidikan dan pelatihannya siapa yg mengadakan? Persyaratannya apa? Dan siapa yg bisa saya hubungi untuk mendapat informasi yg lebih banyak…. Terimakasih

  106. Aq lagi nyari “Pedoman Teknis Pembagunan Terminal Angkutan Jalan Raya Dalam Kota dan Antar Kota” yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Bina Sistem Prasarana Ditjendat, udah coba browsing2 di internet, dah buka hubdat.wed.id, tp sampe skrg blom dpt2 juga…Ada y bisa bantu g dapatin filex. Makasih sebelumnya ^_^

  107. Mobil saya sering ditilang sama Dishub, Tentang tidak ada IBM & SIPA, itu bedanya apa ya,? Trus apakah kduanya harus dibuatkan, dan dimana saya harus membuatnya, ?

    • Ibm, ijin bongkar muat untuk.kendaraan barang yg akan masuk kota, ga semua kab/kota yg menerapkan kewajiban ibm. Kalo sipa, untuk kepengusahaan angkutan. ibm diurus di dishub kab/kota sesuai tujuan perjalanan, misal Anda akan ke bekasi maka diurus di bekasi. Sipa sesuai domisili perusahaan misal lokasi perusahaan di bogor maka diurus di bogor. Demikian, makasih…

      Transportasi Jawa Bar

  108. Terima Kasih, Saya akan mengurus IBM dan SIPA, untuk wilayah BEKASI, apakah itu sudah masuk ke area Cikarang dan Cibitung, Infonya dimana ya lokasi pembuatan ijin Tersebut,

  109. saya cuma mau tanya, kalo ditimbangan sebenarnya yg masuk semua jenis mobil ankutan barang atau ada batasan minimal tonase, karena saya pernah di lampung selatan kalianda bawa mobil box TS1200 disuruh masuk timbangan, logika saya kalo timbangan fungsinya untuk pembatasan muatan sesuai kelas jalan apa relevansinya dg mobil saya yg hanya berdaya angkut barang 600kg. Begitu aja atas tanggapanya hatur nuhun.

    • Ga semua kendaraan wajib ditimbang. Tapi ada kemungkinan juga waktu itu kendaraan Anda keliatan berlebihan muatannya. Kalo fungsi jembatan timbang itu sendiri adalah untuk keselamatan jalan, jembatan dan kendaraannya.. Demikian pandangan saya. Makasih dah mampir.. :)

  110. Salam kenal pak.. Sy Muhamad Irsan dr Karawang., kalo untuk mobil jenis isuzu Mikrobus Nkr 55 Lwb 20 Seat baru, surat ijin apa saja yg perlu dilengkapi?? Kalo layaknya mobil pribadi bisa gak ya.. Tanpa ada Kir dan ijin travelnya.. Hehehe

    Terima kasih sebelumnya.

  111. Mohon penjelasannya mengenai mobil pick up, SIPA wajib hanya untuk plat KUNING sedang plat hitam (pribadi) tidak wajib…itu betul tidak…….kemudian apakah memang berhak menilang dengan menahan Buku KIR misalnya?
    Sekedar curhat pak, oknum DLLAJ daerah bekasi paling banyak dibanding daerah lain…orang susah/kecil tega tetap diperas juga, tidak tahu malu alias muka tembok,..
    mohon maaf jika ada yg salah, trimakasih pak

    • Iya, sipa kan untuk pengusaha, kalo anda tidak mengusahakan ya tidak wajib pake sipa. Tidak semua Petugas dishub berhak nilang, yang PPNS (penyidik) aja yg boleh, dan berkasnya pun diserahkan kepada kepolisian untuk selanjutnya dibawa ke pengadilan.. Berkas yg disita bisa apa saja (buku kir, sim, stnk, kalo ga ada suratnya, kendaraannya pun boleh dibawa). Iya, kita saling pengertian aja, demi kebenaran dan kepentingan umum tentunya.. Demikian, makasih atensinya..:)

      Transportasi Jawa Bar

  112. @muhamad irsan : ya kalo mobil pribadi, jangankan keluarga, tetangga sekampung juga boleh ikut, asal muat aja ! hehe.. *keren amat pake limo ya, saya jadi inget taksi mewah di jakarta yang suka goyang2 di jalan.. hehe

  113. mau tanya pak apakah lampu di atas mobil box di atur mengenai warnanya karena sopir saya di tilang pjr gara2 lampu atas mobil box pakai warna biru terima kasih

    • Syarat itu ditentukan pemprov + polda, biasanya sih : bukti kepengusahaan angkutan (izin usaha angkutan), ini dimaksudkan supaya kendaraan emang digunakan untuk umum (bukan pribadi), kepemilikan minimal 5 (karena kalo kurang dari 5, usaha kurang sehat), bukti kendaraan lulus uji, informasi kepemilikan, dll, ada juga syarat lain misalnya keanggotaan organda dst. #lengkapnya silakan tanyakan ke dishub provinsi karena kewenangannya disana, nuhun dah mampir.. Salam :)

  114. Pak saya mau tanya, apakah kalau mau ngirim barang ke proyek yang ada di daerah bekasi dengan mobil pick up harus membuat surat ijin bongkar muat. kita bukan perusahaan ekpedisi, kita hanya pedagang

    • iya saya mau tanyakan hal yang sama . ijin bongkar muat ini selalu di tanyakan dllaj ketika mobil saya melintas di bekasi. dan di pungli 100 ribu kalau tidak mau bayar di kandangin dan di pengadilan. sayang bingung itu kendaraan oeprasional untuk mengirimkan hasil produksi plat hitam apakah harus urus ijin bongkar muat ? dimana dan berdasarkan peraturan no brp yah . mohon di bantu saya di berikan pencerahan saya mencari2 belum ketemu . kalau memang harus urus saya harus urus dimana. kalah saya di kabupaten tangerang mempunyai costumer di beberapa tempat seperti bogor bekasi bandung. yang paling sering bermasalah bogor dan bekasi.

      • Sepengetahuan saya ijin bongkar muat itu adalah kebijakan pemerintah kabupaten/kota yg tidak semua menerapkannya (ada yg wajib ada yg tidak). Aturannya biasanya ada di peraturan daerah dan Anda bisa minta informasi ini ke pemkot/kab karena tidak semua (sudah) diinformasikan melalui media internet. Saya juga kebetulan belum punya perda kota/kab bekasi, kalo ada nanti saya aplod deh.. makasih dah mampir, salam..

  115. Protein also helps make meals more satiating so you eat less and won.

    While the weight can disappear, the burden
    of long-term health risks looming ahead can be a weight that will
    never go away. You can maintain a healthy weight long after your initial weight loss.

  116. assalamu alaikum wr wb.
    mohon bantuanya donk pak,begini saya punya proposal yang judulnya “implementasi dinas perhubungan dalam menertibkan mobil plat hitam yg digunakan sebagai angkutan umum ” hemmm yg saya belum tau itu, peraturan tentag larangan menggunakan mobil plat hitam digunakan sebagai angkutan umum….bantu aku donk,mohon balaasanx cepat yah….
    terimkasih sebelumnya……

  117. mau tanya nih…. truk barang sy plat z tp beroperasi di smrg – pati. bila buku kir hbs masa berlaku dptkah armada ybs. msh bisa beroperasi sambil menunggu pengurusan masa berlaku kir tsb. di samsat ybs.? thanks atas infonya…

    • Heheh ya ngga bisa lah, Pa. Saya ga punya kewenangan u tegas. Lha wong bukan tugas dan tanggung jawab saya. Kita disini saling bertukar fikiran dan saling buka wawasan aja. Demikian.. hatur nuhun..

  118. terimakasihya pak sudah dibalas..

    dari tujukan web bekasi tersebut, memang SIPA dan IBM tidak wajib untuk kendaraan :
    1. Luar wilayah Bekasi
    2. Tonase dibawah 2.5ton

    kalo begitu kenapa masih ada oknum Dishub yang berani menilang, kalo hal ini di bawa ke MK atau PTUN .. kans nya bagaimana .?

    • Mmm… bapak udah cermati tulisan sy ttg SIPA dan IBM ? Sipa itu wajib u kendaraan yg dipake usaha, sedangkan IBM itu biasanya diwajibkan u/ semua kendaraan yg masuk wilayah yg mewajibkan IBM. IBM itu sendiri dimaksudkan sebagai salah satu upaya manajemen lalulintas dan pemerintah daerah kabupaten/kota biasanya punya aturan tertentu seperti wilayah mana saja yang wajib bawa IBM. Jadi saya sendiri belum konek dengan penjelasan yg bapak sebutkan dari web pemkot bekasi..
      Tapi biarin aja deh, anggap aja penjelasan tersebut “benar” jadi bapak tinggal kroscek dengan peraturan daerah yang berlaku di bekasi..
      Selanjutnya pertanyaan mengenai kenapa ada oknum petugas yg menindak sementara bapak ga salah. (Sekali lagi ini pendapat saya yah), ada banyak kemungkinan misal oknum petugas itu belum faham benar aturan yg benar, ato bisa karena masyarakatnya kurang tanggap, untung skr banyak orang sperti Anda yg berusaha mencari tau. Tapi jika petugasnya hanya melaksanakan amanat Peraturan Daerah, maka sebaiknya kita menurutinya..
      Jika yg salah adalah perdanya maka mahkamah konstitusi lah yg berhak membatalkan perda, dan udah banyak kok perda yg dibatalkan oleh MK karena dianggap ga sesuai dengan aturan diatasnya (undang2, peraturan pemerintah).
      Jika saya jadi Anda, mungkin sebelum berfikir untuk memPTUNkan atau melanjutkan ke MK, saya akan minta penjelasan ke Dinas Perhubungan dulu, sambil bapak tunjukkan aturannya bahwa bapak ga salah, saya yakin akan dimengerti kok. Jika emang udah sangat jelas bahwa bapak ga salah tapi tetep masih diperlakukan ga adil baru bapak bisa melanjutkan masalah ini ke jenjang yg lebih tinggi…
      *mohon bapak pertimbangkan dengan matang langkah2 yg diambil dan mohon sadari juga bahwa kita ini sekalipun hidup di negara yg udah puluhan tahun merdeka tapi kita banyak sekali ketinggalan termasuk dalam hal pemahaman hak dan kewajiban antar pemerintah, masyarakat dan pengusahanya. Kita terbiasa shortcut main lompat, padahal segala sesuatu bisa diselesaikan dengan komunikasi yg baik dan kepala dingin..
      Demikian pendapat sya, mohon maaf bila masih kurang memuaskan dan kurang berkenan.. makasih atas perhatiannya..

  119. Apakah SIPA dan IBM kota Bandung berlaku untuk semua daerah di Jawa Barat ?
    Ada Banyak kota di Jawa Barat , Apakah kita harus memiliki IBM yg banyak pula untuk setiap kota ?

    • Iyah, sudah saya jelaskan di tulisan saya bahwa SIPA untuk kepengusahaan angkutan umum dan berlaku u semua wilayah (ijinnya berdasarkan domisili perusahaan). IBM itu tergantung perda kabupaten/kota, ada yg harus punya ada yg tidak. IBM diterbitkan oleh kabupaten/kota tempat (tujuan) bongkar muatnya. *mohon difahami bahwa saya menulis ini supaya pembaca mengetahui “kronologis”nya kenapa ada IBM. Saya sendiri kurang begitu setuju dengan adanya IBM karena prakteknya kurang sesuai dengan ide awal diberlakukannya ijin tersebut tapi kalo sudah ditetapkan dalam peraturan daerah yg notabene adalah keputusan wakil2 kita di DPRD yaa kita ikut aja.. demikian. Hatur nuhun tos mampir.. :)

  120. assalamu alaikum wr wb.
    pak mau nanya…di artikel bapak tentang fungsi Terminal,,dijelaskan fungsi terminal sesuai dengan JUKNIS LLAJ 1995,,tpi setelah coba sy cari ternyata juknisnya tidak ketemu pak..malahan yang saya temui buku ” menuju lalu lintas dan angkutan jalan yang tertib ” yg diterbitkan oleh direktorat jenderal perhubungan darat yang didalamnya berisikan petunjuk teknis LLAJ…yang sy mau tanyakan apa kah JUKNIS LLAJ 1995 yg bapak maksud itu adalah juknis yang ada dalam buku tsb dan dimana saya bisa mendapatkan buku tsb pak ? hatur nuhun pak..hehe

  121. pak kalau motor dimodifikasi menjadi motor box, boxnya ditaruh dibelakang untuk kirim barang, apa saja syaratnya agar motor box tsb aman dijalan tanpa kena tilang

  122. Hey there! This is my first comment here so I just wanted
    togive a quick shout out and say I truly enjoy reading through your articles.

    Caan you recommend any other blogs/websites/forums that deal with the same subjects?
    Thanks a lot!

  123. mau minta bantuannya, ttg bagaimana cara kita mendapatkan data-data pemilik atau pengelola angkot di bandung jurusan padalarang-leuwipanjang, data sementara aku cuman mendapatkan no. plat polisinya…yakni D 1902 TW…soalnya aku mengalami tabrak lari hingga motor rusak parah, sipengemudi angkotnya kabur begitu saja. thx atas bantuannya.

  124. Pak kami mau beli truk box engkel 4 ban biasanya kami beli selalu plat hitam kebetulan sudah ada 4 truk box kami punya. Sales dan orang logistik kami menyarankan plat kuning saja untuk yang baru ini. Apakah boleh truk box plat kuning untuk perusahaan kami sedangkan kami bergerak di bidang usaha industri makanan ringan bukan usaha angkutan
    Terima kasih

  125. pagi pak .
    mau tanya soal perpanjangan KIR dan surat ijin bongkar muat. kalo syarat perpanjang kir mobil perusahaan apa aja. dan untuk surat ijin bongkar muat dari walikota dapetnya barengan sama perpanjang Kir? mobil nya pick up 500 KG
    terimakasih

  126. Dear all……saya mau tanya…untuk mengurus surat ijin bongkar muat itu khusus daerah mana saja?apakah hanya Bogor dan Bekasi saja?dimana alamatnya?syaratnya apa saja?biayanya berapa?mohon infonya dong…,thanks.

    • Maaf mengenai biaya, kami kurang tau dan bukan kapasitas kami u menjawabnya, silakan langsung kepada yg berwenang.. *gatau mungkin temen2 yg lain ada yg tau kale..

  127. Kang Karda yang terhormat,

    Jika Ada angkot trayek depok, kemudian sang pemilik meninggal lalu dijual dan pemilik baru domisili tangsel apakah bisa balik Nama stnk,bpkb dengan ktp tangsel tapi ijin trayek, sipa, kir, kartu pengawasan angkot depok? Ataukah harus ktp depok?

    Terimakasih dan Salam.
    semoga senantiasa diberikan kesehatan.

    • Ysh Pa Basuki, Menurut saya sih ga perlu ganti KTp ke depok, khan KTP udah nasional. Mengenai balik nama buku kir Dan ijin trayek, tunggu Aja sampe masa berlakunya abis.. Demikian.. Nuhun dah mampir.. Salam

  128. Kami mengundang untuk datang ke Dialog publik ‘Pengembangan transportasi massal pasca kenaikan BBM’ 16 Januari 2014, Auditorium lt 6. Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, pukul 8.30-12.30. Pembicara dari Deputy Gubernur DKI bidang transportasi, Masyarakat Transportasi Indonesia, Komisi V DPR-RI, dll. Daftar ke 081281604840

  129. maf kalo kendaraan kita berplat nmor jatim. bisa gak byar pjak thunan d samsat yg ada d jabar. soalnya mau mudik gak da libur nya.
    thanks sblumnya.

    • sepengetahuan saya ga bisa Pa, harus mutasi dulu… *pajak kendaraan kita masih berbasis propinsi, kalo kita pake kendaraan di jawa barat bagusnya dmutasikan aja karena kalo ngga keenakan jatim, jalannya ga dipake tapi bayar pajaknya disana.. hehehe

      • Mohon pencerahan:
        1. Pengurusan SIPA itu untuk ‘satu mobil satu SIPA’ atau ‘satu pengusaha satu SIPA’ ?
        2. Apakah Penyidik PNS harus punya surat tugas/sertifikat profesi yang harus ditunjukan kepada masyarakat jika diminta ?
        3. Apakah jenis kendaraan bus (biasanya isuzu elf) plat Hitam harus punya trayek ?
        4. Apakah jenis usaha rental mobil/bus (plat hitam) harus pake SIPA ?
        5. Apakah mengangkut barang dagangan (pribadi) harus pake surat jalan ? Kalo pake, ke instansi mana saya mengurusnya ?
        6. Apakah surat jalan sama dengan DO?
        7. Kalau saya mengangkut barang pribadi pake mobil pickup/truck plat hitam, surat apa aja yang harus dibawa pengemudi agar petugas tidak berhak menilang ?
        Mohon penjelasannya pak . . Terima kasih.

      • Okey, ini jawaban sepengetahuan saya yah Pa :
        1. U satu pengusahaan;
        2. PPNS harusnya punya, mereka punya sertifikasi khusus;
        3. Plat hitam ga perlu punya ijin trayek kalo ga dipake untuk umum. plat hitam ga boleh dipake untuk umum
        4. Harus
        5&6. DO dari perusahaan bukan dari instansi. Ini harus dibedakan barang pribadi ato umum karena aturannya beda.
        7. Standarnya bawa SIM, STNK, buku kir, membawa barang /muatan sesuai kapasitas dan kelas jalan, patuhi aturan lalu lintas. U diketahui ada Kabupaten kota yg melarang angkutan barang masuk kota, boleh setelah ada ijin bongkar muat..

        Demikian, maaf kalo ada yg kurang. Lebih jelasnya Tanya ke instansi yg ngurus Jalan mis : dishub, polantas, bina marga.. Nuhun

  130. salam pak!. Yang ingin sy tanyakan, apa perbedaan nya jika plat kuning mobil angkot sy angka pertama nopolnya sy ganti angka 7, dri angka 1. Dan syarat apa aja untk mengurus perubahan dri pickup ke mbk angkot.trims

    • Maksudnya ganti sendiri? Ga boleh kalo sendiri.. He he. Pick up jdi angkot harusnya uji laik jalan dulu ke kementerian perhubungan. Jl Merdeka barat 8 jakarta. Nuhun

  131. mau nanya pak. apa yang saya persiapkan utk proses merubah surat mobil plat kuning ke plat hitam? apa boleh bekas angkot dijadikan pickup? lbh untung mana plat kuning ato plat hitam? dan jika masih boleh jalan atau luar kota memakai plat kuning tp trayek sudah sepi drpd jadi besi tua. terimakasih

  132. prinsipnya plat hitam ato kuning itu untuk membedakan digunakan untuk umum ato pribadi, plat hitam untuk pribadi, plat kuning untuk umum. bekas angkot jadi pick up boleh2 aja tapi harus uji laik jalan dulu. untung mana hitam ato kuning itu tergantung penggunaannya, kalo mau dipake umum harusnya pake plat kuning, yang pake plat hitam untuk umum artinya secara admininstrasi ilegal. jalan ke luar kota harusnya sih boleh2 aja sepanjang mematuhi aturan lalulintas. begituh.. *mohon maaf saya agak kesulitan menjelaskannya karena harus panjang lebar kayaknya, moga ngga salah persepsi. nuhun dah mampir :)

  133. malem kang…. kalau badan hukum diberlakukan di jawa barat khusus nya kota/kab bogor mulai kapan kang…? uu sudah ada sementara pp nya belum ada ya, apa bisa dilaksanakan…? nuhun

      • Ya, gatau yah… Khan kebanyakan au kita perorangan… Tadi sy ngobrol sama temen2 : “aturan yg baik itu khan aturan yg bisa dilaksanakan” kalo ga bisa dilaksanakan berarti Ada yg salah dengan aturannya. Semangatnya sih emang bagus penataan au tapi implikasinya perlu sangat dipertimbangkan.. Ya khan?

  134. siap.. terima kasih, ujung nya kalau mau jalan ya harus ada ketegasan x ya kang dari yang punya kewenangan.. kalau gak tegas ya gitu deh… cuma berani atau tidak pertimbangannya. he he he.. nuhun.

  135. Sampurasun…
    sharing ya kang…
    - di KM.35/2003, dilarang keras (udah direndam air extra joss sehari semalam… hehehehe…) monopoli pemilikan kendaraan angkutan umum pada suatu trayek. yang dimaksud adalah monopoli yang bersifat kartel, yang armadanya hanya dimiliki satu atau dua pengusaha saja yang berpotensi menerapkan tarif sendiri. Artinya negara mendorong semangat wirausaha dan memberikan perlindungan pasti terhadap hak konstitusi setiap warga negara (pengusaha perseorangan).
    - Sedangkan pada UU 22/2009; “Angkutan Umum pengelolaannya dilakukan oleh Badan Usaha Yang Berbadan Hukum”. Regulasi yang klaim katanya dalam rangka PEMBINAAN malah sebenar-benarnya yang terjadi adalah PEMBINASAAN, dengan alasan, negara menenggelamkan semangat wirausaha (bidang transportasi tentunya ya kang…. sambil ngopi kang…. hehehehe…) dan tidak memberikan perlindungan terhadap hak konstitusi setiap warga negara (pengusaha perseorangan), perseorangan (personal) menjadi berBadan Hukum (Koperasi dan PT), usaha individu menjadi usaha bersama/bersekutu. Kemunculan pengelola angkutan umum Badan Usaha BerBadan Hukum pada suatu trayek jelas menjurus kepada “Monopoli”, tadinya armada milik perseorangan, lama kelamaan akan dikuasai oleh Badan Hukum…
    - Kumaha tah kang….?
    Haturnuhun… wilujeng ngopi…

    • He he maksudnya sih badan hukum teh supaya jelas tanggungjawabna, bukan mengarah ke monopoli.. Soalnya khan “disinyalir” pengusaha angkutan teh kurang merhatikan hak2 penumpang misal menaikan/menurunkan penumpang tidak sesuai asal tujuan perjalanan, beroperasi semaunya, keselamatan kurang diperhatikan dll..
      Mengenai monopoli, khan udah jelas aturannya kalo ada sekiranya yg monopoli mah, tuntut Aja pemerintah ke pengadilan, masyarakat punya hak kok… He he he
      *nuhun dah mampir, mngga lajengkeun ngopina, ngiring raos.. :)

  136. tah ieu dongeng enteng na….
    kelakuan operator jadi tanggung jawab pengusaha…
    jaman baheula, waktu nagara belum bisa ngayakeun angkutan umum ke seluruh pelosok, sebagian warga negara dengan sekemampunya, berusaha mengadakan angkutan secara mandiri…..
    ketika negara kaya karena harga BBM tinggi, ketika pabrik sdh mampu merakit kendaraan 100unit/perjam… regulasi tidak melihat ke gunung-gunung, ke pedesaan. camparison hanya ke megapolitan… Regulasi buat megapolitan ditajamkan juga secara nasional… padahal tidak semua makan nasi-onal, sebagian makan jagung-onal, sebagian makan sagu-onal, sebagian lagi makan aking-onal… Memang yah dicari para konseptor yang negarawan, yang pro rakyat… masa angkutan umum seperti angkutan pedesaan (yang jumlahnya di satu desa mungkin cuma 4 sampe 5 unit saja), harus ketiban juga aturan megapolitan, Berbadan Hukum…. Orang ganteng jum’at an… Selamat Jum’at an kang… Nuhun.

  137. bang mw nanya nich…
    kan bnyak tu mobil pribadi yng di gunakan sebagai angkutan umum,padahal nggak sesuai dgn ketentuan pasal 48 UU No 22 Thn 2009 Ttg LLAJ,kira prinsip tanggung jawab apa yng bisa di bebankan kepada pelaku pengemudi mobil pribadi….???

  138. Ping-balik: Kepanjangan Ibm | Caramanfaat.net

  139. selamat siang Pak Karda.
    membahas mengenai comment 1 Des 2010 , saya ingin bertanya :
    1. apakah FSPTI itu sejenis LSM? dan apakah dia legal untuk memungut retribusi angkutan umum? apakah ada perda atau perbup yang membahas mengenai pungutan yang dipungut oleh FSPTI itu? apakah uang hasil retribusi angkutan umum itu diserahkan ke dinas terkait dalam hal ini dispenda atau dikemanakan uangnya?

    2. terkait Perda no 13 tahun 2012 tentang retribusi perizinan tertentu yang didalamnya juga terdapat retribusi ijin trayek, sampai sejauh mana personil dishub melakukan pemungutan dan pengawasan di retribusi tsb?

    3. Pak Karda mengatakan “jika ada aparat dishub yang memungut biasanya sich dasarnya perda”, yg jadi pertanyaan saya, dimana dan kapan aparat dishub memungut retribusi tsb? dan apakah kalau aparat dishub yang memungut menggunakan bukti pungut?

    4. apakah Pak Karda tau web / blog / lokasi inti alias markas FSPTI Bandung berada?

    terimakasih sebelumnya..

    • 1. Tidak ada aturan, perda/pergub, mereka bikin aturan sendiri, tidak ada pelaporn ke pemerintah juga;
      2. Perda retribusi ijin trayek dipungut di kantor, tidak di jalan;
      3. Misal retribusi terminal/ Peron, Ada bukti pungutnya khan?
      4.markas gatau, saya juga bingung, dulu pernah kita buatkan surat gubernur untuk melarang pungutan apapun di jalan propinsi, prakteknya mereka masih bikin pos2 pungutan.
      Makasih atensinya untuk hal INI, sy sangat senang dan menghargainya
      Salam

  140. Izin bongkar muat itu apa? IBM itu berlaku untuk seindonesia atau perwilayah? seberapa penting IBM dibanding KIR untuk dijalan buat pengemudi? *mohon pencerahaannya maklum rencana mau ambil pickup..terima kasih

  141. Kang mau tanya, kalo mau tau standarisasi desain angkot dari standarisasi warna, penomoran, font yang digunakan itu dimana ya?

    • Ditetapkan di keputusan menteri perhubungan, biasanya ditegaskan dlm peraturan daerah kab/kota, bisa menghubungi dishub kab/kota sesuai lokasi anda.. Nuhun dah mampir

  142. numpang nanya kang…….jarak pos retribusi ( TPR ) dengan terminal itu minimal brp meter ya……karna di tempat saya ada pos TPR yang letaknya lumayan jauh dari terminal…..skitar kurang lebih 3 KM……dan pos TPR tersebut dekat dengan simpang alternatif jadi klo lagi rame pasti macet……trus klo mo protes kmana kang……karna kami pernah mengajukan keberatan atas pos TPR karna bikin macet akan tetapi dengan enteng petugas DLLAJ nya menjawab “kan klo macet kita juga yg atur lalin nya”……..jd gimana solusi buat kami kang…….ditunggu jawabannya…….makasih

    • Sepengetahuan sy TPR itu harusnya di dalem terminal, masalahnya angkutan umum banyak yg gamau masuk terminal Karena mungkin penumpangnya jg pada ogah make terminal. Ya gitu deh, masalah multidimensional katanyaa.. Hehehe

  143. numpang tanya kang… tetangga saya punya truk besar dan angkutan barang masuk komplek perumahan sampai merusak jalan, apakah ada hukumnya yang mengatur agar dia tidak seenaknya (merasa jalan milik pribadi)??

    • Ada, diliat dari muatan sumbu terberatnya (MST), kalo MST lebih dari 10 ton gaboleh masuk jalan perumahan yg biasanya kekuatannya kurang dari 8ton. Coba buka deh undang2 lalulintas dan penjelsannya.. *nuhun dah mampir.

  144. 1. mohon diluruskan jika persepsi saya salah: berdasarkan MKJI, pemakaian LOS di Indonesia dianggap tidak mewakili keadaan empiris sehingga penilaian perilaku lalu lintas pada dasarnya dipakai derajat kejenuhan (pada jalan) atau tundaan (pada simpangan)
    2. US HCM menggunakan 6 level LOS (kualitatif). jika Indonesia memakai DS untuk penilaian perilaku lalu-lintas, adakah klasifikasi nilainya? (saya menemukan sejumlah penelitian yang membagi kelas DS menjadi 6, tetapi karena dalam MKJI klasifikasi DS ini tidak saya temukan, saya ragu untuk memakainya sebagai acuan. yang saya temukan dalam MKJI adalah ambang batas DS = 0.75 untuk menilai baik buruknya tingkat layanan jalan)

    • 1. Derajat kejenuhan ato tundaan itu indikator yg umum dipakai untuk penentuan LoS (sama di Indonesia ato di negara lain juga). Ada sih ukuran yg lebih komprehensif yaitu PI (performance indeks) tapi yg pertama juga bisa dianggap cukup;
      2. Saya rasa, Pembagian klasifikasi ini ga usah terlalu dipermasalahkan, mau 5 ato 6 juga boleh2 saja tergantung kesepakatan, kalo yg nyusun standard seneng yg simpel2 bisa juga dibagi 2 saja (baik, buruk) ato 3 (baik, sedang, buruk) gitu. Boleh2 aja khan? :)
      *terlepas hitungan pas ato ngga, MKJi khan hasil survey di Indonesia. Kesalahan perhitungan umumnya bisa terjadi pada saat survey, inputing data dan pada saat analisisnya. Selain itu karakter kota2 (tempat survey u penyusunan mKJI) di indonesia itu beda2 (misal Jakarta yg banyak busnya dan Surabaya yg Ada anggunanya) hingga emang sulit menyusun sebuah standard yg sangat sesuai untuk berbagai kota di Indonesia yg punya kekhasan sendiri2. Namun demikian, Kita lupakan saja kemungkinan kesalahan itu Karena MKJI bagaimanapun udah jadi standard (biaya nyusunnya mahal loh! He he). Itupun bebas2 aja sih mau dipakai mau engga juga, yg penting dalam analisis lalulintas ini adalah prinsip dasar analisisnya yg difahami.. Menurut sy Demikian brader :)

  145. Saya sedang menjalani usaha dump truck tronton 10 ban ,mau tanya dong bagaimana sistem pengajian sopir yang terbaik agar sopir bisa loyal dan rajin….. dan bagaimana penetapan tarif uang jalan yg betul? Mohon pencerahannya bro :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s