Filosofi Lima Jari…


iseng2, kurang kerjaan qt inget2 aja “pelajaran” dari dosen Universitas  Muhammadiyah waktu qt di surabaya dulu tahun 98-an… katanya kurang lebih begini nih makna dari kenapa qt qt para manusia ini dikasih (Tuhan) lima jari untuk setiap tangan qt (dan kaki juga) :

- ibu jari

mengamanatkan bahwa qt harus baik-baik jadi orang ato dengan kata lain jadi orang baik gitu lah! ini adalah modal dasar kebahagiaan hidup qt baik di dunia maupun di akherat. emang ciy, di zaman sekarang in banyak orang “kurang baik” yang keliatannya bisa idup bahagia tapi ga usah difikirin, biarin aja.. hal itu yang menjadi bukti bahwa suatu saat nanti ada pengadilan akherat! ingat bahwa setiap diri qt akan mempertanggungjawabkan setiap perbuatan qt yang baik maupun yang kurang baik dan semua pasti ada balasannya.. (kalo percaya itu juga hehe)

- jari telunjuk

mengisyaratkan bahwa sebagai makhluk hidup yang diberi akal, qt selayaknya punya tujuan hidup.  qt ingat2 tujuan hidup qt dan qt terjemahkan dalam upaya yang qt lakukan dalam keseharian misalnya qt bertujuan untuk menjadi orang yang “dihargai” orang lain karena kejujuran qt, maka dalam keseharian sudah seharusnya qt konsisten menjaga kesesuaian antara perkataan dan tindakan qt.. jangan rancukan antara keinginan dan prilaku sehingga membingungkan orang yang “mengamati” qt, kalo tidak yaaaa.. mungkin tujuan anda mungkin tidak tercapai kalee….

- jari tengah

melambangkan “hubungan”, artinya untuk mendapatkan kesuksesan, st harus pandai menjaga hubungan dengan makluk lain sesama qt, bukan hanya kepada calon mertua ato kepada boss aja anda berbaik-baik… ke semua makhluk! untuk mencapai “kebaikan universal”, keliatannya prinsip dasar “mengutamakan kepentingan umum” harus dikedepankan.. rasanya setiap qt tidak akan mendapatkan hubungan baik antar sesama jika qt masih mengedepankan kepentingan pribadi…. bener ga yach ? :-)

- jari manis

disebutnya juga “manis”, jari manis mengarahkan agar qt dapat berbuat manis kepada sesama qt.. tampakan senyum kapan saja, kepada siapa saja dan apa aja, bukan hanya kepada pelanggan anda saja jika anda adalah pedagang, bukan hanya kepada suami saja jika anda adalah seorang istri, bukan hanya kepada ortu aja ketika anda minta uang jajan.. tapi kepada siapa aja dan apa saja… kalo perlu sama komputer di depan anda juga anda harus sering memberi senyum.. coba dech sekarang ! :-)

- jari kelingking

melambangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. jangan tanya saya kenapa telunjuk melambangkan itu karena saya juga ga nanya sama yang ngasih tau ke saya dulu, nti deh qt tanyain lagi (kalo ketemu orangnya itu juga! hehe). pokoknya jari telunjuk ini mengamanatkan qt agar qt jangan pernah ketinggalan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. kalo ketinggalan apel pagi, makan siang ato ketinggalan kereta c gapapa karena bisa nyusul asal jangan pernah ketinggalan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi karena sekali qt ketinggalan, akan lama lagi mengejarnya….

—-

gitu kata Dosen Muhammadiyah.. dan udah saya tanam di otak saya untuk diaplikasikan.. sekalipun kenyataannya emang belom menampakan kefektivannya.. ga tau kenapa. mungkin kalo Anda yang mengaplikasikan akan beda kale hasilnya.. kaleeeee itu juga… hehehhee

Share

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s